Nomor Akta Buku Nikah disini Letaknya

mengetahui letak nomor akta nikah

Nomor akta buku nikah dimana ya letaknya? Apabila anda bertanya seperti itu maka sampean tidak terlalu tersesat jika datang mengunjungi artikel pada blog ini.

nikahdikua.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, bagi anda pasangan suami istri yang mengurus dokumen maupun urusan administrasi, adakalanya perlu menyertakan buku nikah.

Nah yang menjadi masalah, pada dokumen buku nikah ada beberapa nomor angka yang membuat ragu sampean menentukan memasukkan yang manakah nomor aktanya.

Berbekal mengunjungi rekan yang bekerja pada KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan tempat saya berdomisili akhirnya mendapatkan petunjuk letak nomor buku nikah secara akurat dan benar.

Letak nomor akta nikah pada buku

Sampean bisa melihatnya pada buku nikah baik yang berwarna merah marun kecoklat-coklatan (buku untuk suami) maupun pada buku yang berwarna hijau tua (buku nikah untuk istri).

Isi kedua buku ini identik sama dan sepertinya hanyalah warnanya saja yang berbeda.

Untuk mengetahui nomor akta nikah pada buku pernikahan, bukalah buku sampean pada halaman lembar kedua atau keberapalah. Karena pada buku nikah tidak ada penomoran setiap lembarnya.

Silakan menuju pada tulisan akta nikah (excerpt of marriage certficate) yang ada tanggal hari jam anda menikah, menjadi satu dengan data suami.

Lihatlah bagian atas, setelah tulisan kutipan akta nikah/ excerpt of marriage certficate dibawahnya ada nomor/number. Kemudian deretan angka latin dan romawi serta tahun yang dipisahkan oleh garis miring.

Nah itulah yang disebut dengan nomor akta nikah.

Jadi sampean sudah tahu khan letak nomor buku nikah untuk keperluan dokumen dan administrasi.

Jika sampean perlu memasukkan nomor akta pernikahan, masukkanlah nomor tersebut.

Lebih jelasnya kami tunjukkan dengan gambar letaknya.

nomor akta nikah
letak nomor akta buku nikah berada pada lembar yang sama pada hari tanggal dan jam pencatatan pernikahan serta data suami.

Mengetahui kode urutan dalam penomoran

Sebagaimana dalam contoh gambar, kami berikan uraian gambaran mengenai bagaimana penyusunan nomor buku nikah dan akta pernikahan pada KUA yang bisa anda cek pada dokumen anda.

Adapun kode angka buku nikah mengacu kepada urutan pernikahan di KUA tempat pelaksanaan ijab kabul.

Berikut contoh tulisannya adalah ;

Nomor/number : 174 / 7 / V / 2021

  • Angka 174 menunjukkan jumlah pernikahan mulai awal tahun (per 1 Januari)
  • nomor 7 menunjukkan urutan pernikahan pada bulan tersebut pada kua
  • Angka romawi V (lima) menunjukkan bulan pencatatan pernikahan
  • 2021 merupakan tahun pelaksanaan pernikahan resmi pada KUA.

Nah demikian informasi mengenai nomor buku nikah atau akta nikah yang bisa anda jadikan pedoman untuk mengisi dokumen pribadi baik kependudukan paspor akta kelahiran anak. Atau apapun itu yang memerlukan dokumen perkawinan yang resmi dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama.

Semoga membantu, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

8 tanggapan pada “Nomor Akta Buku Nikah disini Letaknya”

    1. Bisa iya bisa tidak. Tergantung situasinya. Misalnya tahun nikah anda 2019 tp tahun akta 2022 padahal anda punya anak tahun 2021… Jadi anak diluar nikah dong secara administrasi.

  1. Bila Permasalahan nya sepertinya ini bagaimana cara menanganinya?
    Buku nikah ada, anak akte semua ada. Akan tetapi waktu mengurus akte anak ke 2 agak lama di bagian periksa & minta bawa surat nikah asli pd lain x. Jadi sy ragu apa sebenarnya pernikahan sy sdh tercatat hukum atau tidak?

    1. penanganannya dengan mencocokkan data buku nikah anda kepada KUA, sehingga nanti jika ada yang perlu dibetulkan untuk dilakukan perubahan data merujuk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku. perihal pernikahan anda sudah tercatat hukum atau tidak kalau anda ragu ragu silakan anda cek ke KUA tempat anda menikah. karena akta asli pernikahan anda dipegang oleh KUA, sedangkan buku nikah hanyalah kutipan saja.

    1. Tergantung.. kua berkenan atau tidak.. karena urusan perceraian ranah tanggungjawab pengadilan agama, bukan KUA

  2. Bgmn cara cek no akta nikah sementara :
    – Buku nikah hilang
    – Domisili jauh dari KUA tempat pencatatan nikah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *