Kartu Nikah digital segera meluncur

  • oleh
kartu digital nikah

Kementerian Agama (Kemenag) akan segera meluncurkan Kartu nikah digital, sayangnya dalam situs kemenag tidak mencantumkan waktu dan tanggal peluncurannya.

nikahdikua.com – yang jelas pemberian digitalisasi kartu nikah kepada pasangan pengantin dalam jangka waktu yang tidak lama.

Demikian mengutip Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemena Muharam Marzuki pada hari rabu tanggal 21 April tahun 2021 di Jakarta.

Dengan adanya layanan kartu nikah digital ini harapan kedepan adalah bisa memberikan kemudahan kepada warga Indonesia maupun WNA yang telah menikah di Indonesia.

Adapun untuk mendapatkan kartu digital ini bisa didapatkan oleh pasangan pengantin yang sudah menikah setelah prosesi akad pernikahan selesai dan beres.

Apabila nanti program ini sudah berjalan, selain mendapat buku nikah berwarna merah marun dan hijau tua, pasangan pengantin juga akan mendapatkan kartu nikah.

Salah Satu Manfaat dan Fungsi Kartu Nikah Digital

Fungsinya untuk memberikan kemudahan bagi pasangan nikah yang sah pada waktu melakukan perjalanan jauh, bepergian serta praktis dalam membawa dokumen resmi ini.

saat ini pihak Kemenag sedang melakukan proses digitalisasi kartu nikah, dan insyaallah dalam waktu dekat akan mbrojol atau lahir kartu nikah digital.

Penuturan Muharam, bahwasanya hal ini merypakan kewajiban Kemenag untuk menyesuaikan dengan zaman serta memberi pelayanan terbaik dan berkualitas.

Kartu nikah digital ini akan berlaku pada Kantor Urusan Agama pada di seluruh Indonesia, bukan hanya pada kota kota besar atau wilayah tertentu.

Jadi kartu digital berlaku secara nasional.

Tambahan informasi, bahwasanya kartu nikah digital merupakan bagian program revitalisasi KUA dalam memberikan layanan yang mudah dan praktis serta berkualitas kepada Masyarakat Warga Negara Indonesia dari Kementerian Agama.

Hal ini sesuai dengan slogan Daftar Nikah Mudah, Nikah Murah.

Keberadaan berbagai inovasi ini memberi jaminan dan rasa tenang bagi pasangan yang sah untuk melakukan perjalanan jauh atau bebergian pada luar kota.

Kenapa hal ini penting?

Negara Hadir pada Masyarakat dalam hal masalah Pernikahan

Karena momen seperti ini negaa hadir pada setiap proses pernikahan warga negara Indonesia, bahkan WNA sekalipun yang melaksanakan perkawinan di KUA.

Dalam memberikan layanan prima ini merujuk kepada Undang undang nomor 25 tahun 2008 tentang Layanan Publik.

Dimana lembaga pemerintah berkewajiban untuk memberikan layanan prima, terbaik, memberikan kemudahan, dan layanan yang berkualitas.

Dengan layanan ini harapannya adalah masyarakat warga negara Indonesia bisa merasakan negara hadir ditengah-tengah mereka utamanya dalam persoalan pencatatan nikah, demikian pungkas Muharam.

Ada pegawai KUA yang berkomentar mengenai keberadaan kartu nikah digital ini berkenaan dengan kartu nikah yang berwujud fisik sebelumnya.

Yaitu sampai saat ini masih ada (bahkan banyak?) kantor Urusan Agama yang belum pernah mengeluarkan Kartu Nikah meskipun sudah berjalan beberapa tahun ini.

Entah apakah nanti ada dokumen yang diberikan kepada mempelai yang sudah menikah (Buku Nikah, Kartu Nikah, Kartu Nikah Digital).

Atau dokumen kartu nikah yang berwujud fisik akan dihapus meskipun ada Kabupaten atau Kota yang belum pernah mencetaknya.

Dan kemudian seperti apa bentuknya berupa file softcopy atau berbentuk aplikasi belum ada keterangan atau bocoran lebih lanjut.

Yang jelas semoga saja baik yang melakukan pelayanan maupun yang mendapat layanan semakin mudah dalam pelaksanaan pernikahan.

Sumber berita : https://kemenag.go.id/read/kemenag-segera-luncurkan-kartu-nikah-digital-q9qlb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *