Foto Surat Nikah ukuran, ketentuan, dan jumlah

Foto Surat Nikah ukuran, ketentuan, dan jumlah tahun 2021 dan tahun sebelumnya 2020 aturan beserta ketentuannya. Ukuran Foto Surat nikah dan warna latar belakang. belum ada perubahan. begini info lengkapnya

Nikahdikua.com Ukuran foto syarat melangsungkan pernikahan serta aturan warna serta pakaian untuk keperluan dipasang pada buku nikah dan arsip pada Kantor Urusan Agama.

Baca;
syarat daftar nikah di KUA
Teks Ijab Kabul dalam Pernikahan
Informasi Valid tentang Biaya Nikah di KUA

Bagi calon mempelai yang akan melangsungkan pernikahan, sebaiknya sebelum datang ke KUA untuk mendaftarkan nikah, sebaiknya melakukan cek kelengkapan syarat pernikahan.

Yang diantara surat dari kelurahan atau desa berupa (, N2, N3, N4, N5 (jika diperlukan), N6 (jika diperlukan), surat dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM/Puskesmas) termasuk surat rekomendasi nikah, fotocopy KTP calon mempelai, KK, dan persyaratan lain yang diperlukan.

foto surat nikah ukuran background ketentuan pakaian pada KUA

ketentuan foto surat nikah warna background dan pakaian

Salah satu syarat yang dilengkapi guna melangsungkan ijab qabul pernikahan adalah menyetorkan pasfoto dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. 2X3 DELAPAN LEMBAR (putri 4 lembar, putra 4 lembar)
  2. 4X6 DUA LEMBAR (putri 1 lembar, putra 1 lembar)
  3. BACKGROUND WARNA BIRU
  4. Pakaian, memakai baju atau kemeja yang sopan  

Sekedar catatan, foto calon suami istri ini pisah, alias tidak dalam satu frame, mengingat dahulu ada yang mengumpulkan foto pria dan wanita nya dalam sebuah frame foto. ingat ya terpisah, jangan tiru jadi satu sebagaimana gambar yang kami unggah.

Keterangan alokasi foto

  1. 2 lembar 2×3 untuk ditempel pada buku nikah (putra dan putri)
  2. 1 lembar 4×6 pada dokumen NB/arsip nikah untuk KUA
  3. 1 lembar 2×3 ditempel pada Sibir / Tanda Terima Kutipan Akta Nikah (putra putri)
  4. 1 lembar 2×3 ditempel pada Daftar Pemeriksaan Nikah

itulah hal umum tentang jumlah foto yang diperlukan oleh KUA. sebenarnya untuk nomor 3 dan 4 tidak ada ketentuannya. akan tetapi lebih baik disiapkan daripada anda bolak balik cuma untuk setor foto nikah.

Ketentuan Background warna foto buku nikah

nah seperti apa sih warna biru untuk latar belakang buku yang ditempel pada buku nikah di kUA?

tidak ada ketentuan kode warna. yang jelas hanya menyebut warna biru. jadi selama itu warnanya jelas biru tidak hijau merah atau pink tentunya Kantor urusan agama akan menerima.

apakah ada perbedaan warna untuk tahun genap dan tahun ganjil?

dalam dokumen foto pada Kantor Urusan agama yang akan ditempelkan pada buku nikah pengantin, tidak ada pemberlakuan beda warna antara tahun genap dan tahun ganjil anda dilahirkan.

semuanya memakai background warna biru baik yang lahir pada tahun genap (misalnya 2010) ataupun lahir pada tahun ganjil (misalnya lahir tahun 2021,

Saran untuk foto buku nikah dan arsip KUA

Setelah diketahui perihal rincian ketentuan ukuran dan jumlah foto, maka berikut saran untuk catin yang akan menyetorkan foto nikah.

1. Foto ketika kondisi badan sedang segar/fit

Dengan pengambilan foto disaat segar dan fit maka aura rupawan dan happy akan terpancar dari wajah sang calon mempelai.

jangan sampai saat anda datang ke studio kondisinya capek kucel. ingat, dokumen ini berlaku selamanya, bukan hanya berlaku sebulan dua bulan. nanti anak anda juga akan melihat gambar anda pada buku nikah ini.

2. Foto di Studio

Dengan pengambilan gambar oleh studio foto maka pada umumnya hasil foto akan lebih baik karena diambil oleh profesional atau orang yang ahli di bidangnya.

Dengan begitu nanti akan menjadi kenangan yang bagus disaat membuka buku nikah beberapa tahun kemudian dan tidak malu karena foto yang nampak kucel atau tidak menawan dipandang.

Walaupun begitu, jika punya foto andalan hasil dari kamera handphone pun juga tidak masalah selama memakai pakaian sopan dan background warna biru.

3. Cuci cetak atau afdruk di studio foto yang berkualitas

Satu hal ini yang sangat disarankan, anda boleh foto memakai kamera sendiri ataupun berasal dari handphone, akan tetapi untuk urusan afdruk foto atau cuci cetak, sangat disarankan keras untuk dilakukan di studio foto, jangan dilakukan pada percetakan dengan printer biasa semisal merk canon ataupun Hewlett packcard/HP maupun epson.

Bisa jadi pada saat awal selesai dicetak dengan printer akan menghasilkan warna yang bagus.

Akan tetapi dalam hal endurance atau ketahanan, print model ini tidak bisa diandalkan untuk bertahan dalam hitungan tahun. Sehingga kemungkinan baru dua atau tiga tahun foto sudah pudar atau hilang gambarnya. Berbeda jika dilakukan pada studio foto.

Maka ketahanan foto akan bertahan lama bahkan puluhan tahun selama tidak ada hal atau kecelakaan yang terjadi (misalnya kebanjiran, kena tinta, tersiram air, lembab atau terbakar).

Penutup

Demikian informasi foto yang dipergunakan guna mendaftarkan nikah pada kantor urusan agama. SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU. SEMOGA SEPERTI IMPIAN ANDA.

55 tanggapan pada “Foto Surat Nikah ukuran, ketentuan, dan jumlah”

  1. wah keren ada persyaratan foto surat nikah yang lengkap ya! Sangat bermanfaat buat muda mudi yang sedang akan melangsungkan pernikahan

  2. Pingback: Pemberitahuan Kehendak Nikah, Pemeriksaan Catin dan Walinya - nikah di KUA

  3. Sempat terpikir tentang foto surat nikah, akhirnya ada info juga.

    Saya mau nanya ke admin : foto nya harus yang terbaru atau bisa pakai foto dua / tiga tahun yang lalu? Karena masih ada stok kebanyakan cetak. Dengan pertimbangan biar ga mubazir… *pikirantentangini membuatku bertanya2 Bagaimana, kira-kira boleh ga yaa? (Orangnya kan masih 1 sama. Ukuran fotonya pun ada semua.)

    Mohon uraian jawabannya, terimaKasih

    1. Uraian jawaban ya? Maap tadi cuma jawab seperlunya. Uraian jawaban nya kira kira seperti ini. Terkait jumlah dan ukuran foto sudah jelas diatas. Umumnya pegawai KUA cuma melihat jumlah dan ukurannya sesuai. Kemudian melihat kepantasan berpakaian dalam foto. Selama wajah tidak terlalu berubah sih biasanya diterima.
      Atau praktisnya begini, mbaknya bawa saja foto yang lama. kalo kua meminta foto yang terbaru baru dikasih yang terbaru.

  4. Okey admin, saya suka uraian dan alurnya.

    Terimakasih yaa atas penjelasan rincinya, semoga lancar semua proses menuju ke KuA dan bisa juga memperoleh pengalaman lalu berbagi pada saatnya. ^^

  5. asalamualikum ..
    bpak/ibu .. saya ingin bertanya ,,boleh/ tidak kah jika saat mendaftar ke KUA saya foto tidak memakai jilbab , dan pasangan saya tidak memakai pecis tapi berpakaian rapi. kami tidak tahu kalau harus memakai jilbab sebab posisi saya sekarang di luar negeri dan keluarga tidak menyampaikan agar memakai jilbab . Mohon jawabanya ya
    Terima Kasih banyak

    1. Wa’alaikum salaam. Entah kalau pengecualian pada daerah tertentu, misalnya kalau di Aceh harus pakai jilbab, atau di Tolikara yang dilarang memakai jilbab. Secara aturan umum tidak ada keharusan atau yang melarang. Demikian jawaban, semoga bisa membantu.

    1. Salam kenal juga. Sebenarnya tidak ada ketentuan harus pake baju berkerah atau tidak. Tapi kalau berjilbab boleh tanpa kerah selama jilbab tidak dimasukkan dalam baju. Kalo tanpa kerudung sebaiknya memakai baju yang berkerah. Prinsipnya sopan dan layak.

    1. Sepanjang yang saya tahu warna nya biru. Coba anda konsultasikan dengan KUA tempat dilangsungkan pernikahan apakah bisa pakai background warna merah.

  6. Assalamualaikum,

    InsyaAllah saya mau menikah (mohon doanya semoga lancar, yaa) dan sedang mempersiapkan persyaratan administrasi, termasuk foto. Terima kasih informasinya, saya senang membaca di sini. 🙂

    Wassalam,

  7. I am genuinely delighted to glance at this weblog posts which contains lots of valuable information, thanks for providing these kinds of statistics.

  8. Assalamualaikum kak
    Mau tanya. Apa ada ketentuan untuk foto laki laki. Maksudnya, apa pakai peci boleh? Atau tidak boleh? Karena ini foto resmi. Bagaimana kak?

  9. Alhamdulillah nemu juga info yg sy cari untuk melengkapi surat-surat yg harus sy siapkan untuk menikah nanti. Terimakasih admin. Inshaa Allah syawal nanti menikah.. mohon doanya.

  10. Pingback: Warna Background Pas Foto Buku Nikah - nikah di KUA

  11. Mau tanya kak ..apa foto buat buku nikah harus berpakaian polos ,apa boleh pakaian bermotif
    Khususnya cewek

  12. Kak admin tanya dong kalo saya pakai foto waktu jaman sekolah baju berkerah tapi pake jas almamater juga apakah boleh ya wkwk penasaran aja sama jawaban mu kak makasih 🙂

    1. Seharusnya foto terbaru, kemungkinan besar KUA akan meminta foto yang lain karena foto yang sudah disetor terlalu lama pemgambilannya, tapi itu tergantung kua tempat pelaksanaan ijab kabul. Bisa jadi diterima.
      Coba saja dahulu apakah kua mau menerima foto itu untuk dokumen pernikahan di tempel pada buku nikah.

    1. Foto 2×3 dan ukuran pas foto 4×6 foto masing masing calon. Untuk foto nikah di kua tidak diperlukan foto gandeng.

        1. Yang gandeng dalam contoh? Cuma ilustrasi pemanis saja. Tapi untuk institusi polri dan tni diperlukan hal itu (internal instansi mereka) bukan untuk KUA.

    1. Itu tergantung kua bagaimana. Mau menerima atau tidak. Yang jelas tidak ada ketentuan foto harus mrenges atau mingkem.

    2. Itu tergantung kua tempat anda mendaftar nikah bagaimana. Mau menerima atau tidak. Yang jelas tidak ada ketentuan foto harus mrenges atau mingkem.

    1. pada dasarnya tidak ada ketentuan detil mengenai larangan dan yang lainnya, hanya menyebutkan background warna biru. biasanya KUA tidak mempermasalahkan kelihatan gigi sedikit dan memakai softlens. maksudnya diperbolehkan. kembali lagi ke KUA yang melayaninya, selama masih pantas dan layak menurut saya KUA akan meloloskannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *