Kma 517 TAHUN 2020 Pedoman Hubungan Kerja Koordinasi Jabatan Pimpinan Tinggi dengan Jabatan Fungsional

KMA no 517 tahun 2020

Download Keputusan Menteri Agama Kma Nomor 517 TAHUN 2020 TENTANG Pedoman hubungan Kerja dan Koordinasi Jabatan Pimpinan Tinggi dengan Jabatan Fungsional dalam format PDF unduh gratis free download.

nikahdikua.com – assalaamu’alaikum yang terhormat para PNS ASN pada Kementerian Agama yang merupakan instansi vertikal alias bukan termasuk jajaran dalam instansi di Pemerintah Daerah.

Keberadaan KMA no 517 yang menjadi pedoman dalam hubungan kerja pejabat tinggi dengan pejabat fungsional ini untuk mengantisipasi duplikasi fungsi, tumpang tindih kewenangan, dan meningkatkan kinerja organisasi pada Kementerian Agama, maka perlu ditetapkan KMA yang mengatur hal ini.

baca : PMA no 20 tahun 2019 tentang pencatatan pernikahan

Kemudian keputusan tentang PMA ini berlaku semenjak tanggal ditetapkan yaitu ditetapkan di Jakarta pada tanggal 15 Juni 2020 dan di tanda tangani Menteri Agama Republik Indonesia semasa Fachrul Razi.

Latar Belakang

Dalam UU no 5 tahun 2014 didalamnya terdapat perubahan sentral dalam manajemen sumber daya aparatur yang menempatkan ASN kedalam 3 (tiga) kelompok jabatan yaitu;

  1. Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT);
  2. Jabatan Administrasi (JA), dan;
  3. Jabatan Fungsi (JF).

Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) adalah merupakan sekelompok jabatan tinggi dalam instansi pemerintah

Jabatan Administrasi (JA) adalah merupakan sekelompok jabatan yang berfungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan public serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

Jabatan Fungsional (JF) adalah merupakan sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan ketrampilan tertentu.

Dari ketiga jabatan diatas, Jabatan Fungsional merupakan kelompok jabatan yang mensyaratkan keahlian atau ketrampilan tertentu.

Dalam KMA ini disebutkan bahwa “sayangnya kinerja JF saat ini belum memenuhi apa yang diharapkan, pertanyaannya, mengapa JF atau kontrbusinya pada kinerja dianggap masih kurang optimal?

Tujuan PMA No 517 tahun 2020

Tujuan keberadaan PMA ini adalah sebagai pedoman pelaksanaan hubungan kerja dan koordinasi antara JPT dengan JF dalam pelaksanaan fungsi dan tugas di Kementerian Agama.

Yang menjadi tujuan penetapan dari Pedoman ini ada 4 yaitu;

  1. Mewujudkan akuntabilitas dalam pelaksanaan fungsi dan tugas jabatan dan mewujudkan sinergitas antarjabatan secara vertikal, horizontal, dan diagonal;
  2. Meningkatkan kinerja organisasi dalam mewujudkan visi, misi, dan sasaran strategis yang ditetapkan bersam;
  3. Mewujudkan kinerja SDM aparatur Kemenag yang professional, akuntabel, dan transparan dalam pelaksanaan pelayanan; dan
  4. Meningkatkan efisiensi dan efekivitas dalam pelayanan publik.

Apa sih yang dimaksud dengan tata hubungan kerja?

Secara pengertian dari tata hubungan kerja adalah merupakan pengaturan hubungan kerja antara satu unit kerja dengan unit kerja lain atau satu jabatan dengan jabatan lain dalam bentuk koordinasi, fungsional, administratif, operasional, dan atau taktis operasional.

Perlunya dibuat tata hubungan kerja utamanya untuk JPT, JA dan atau unit kerja yang memiliki tugas yang terdapat potensi beririsan atau kaitan dengan tugas jabatan dan atau unit kerja lain atau memerlukan kerja sama yang harus diatur berkenaan dengan kegiatan strategis yang perlu diperjelas hubungan antara jabatan atau unit kerja dalam bentuk peran masing-masing ataupun unit jabatan.

Langkah Penyusunan tata hubungan Kerja internal di Kemenag

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil dalam hal penyusunan tata hubungan kerja internal pada Kementerian Agama adalah sebagai berikut;

  • Melakukan inventarisasi dan mendata tugas yang cenderung tumpang tindih atau yang memerlukan pengaturan kerja sama;
  • Menetapkan unit kerja yang menjadi pelaksana utama (focal point) dari masing-masing tugas;
  • Menetapkan peran unit terkait dalam pelaksanaan unit tugas; dan
  • Menetapkan kegiatan yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan masing-masing tugas sesuai dengan peran masing-masing unit.

Download KMA NO 517 Th 2020 Hubungan Kerja Koordinasi Jabatan Pimpinan Tinggi dengan Jabatan Fungsional

Dibawah ini adalah tautan link yang menuju kepada file KMA no 527 th 2020 tentang hubungan kerja JPT dengan JF format pdf yang dapat diunduh secara gratis free download.

Sebelum mengunduhnya, anda dapat melihat tampilan melalui tampilan dari preloved dibawah ini.

File ini dapat diunduh secara langsung melalui tampilan penampakan diatas, akan tetapi jika ada kendala dalam pengunduhan lelaui penampakan preview diatas, kami lampirkan tautan link pengunduhannya dibawah ini.

Berikut link tautan untuk pengunduhan

Download Kma NO 517 TAHUN 2020 TENTANG Pedoman huBUNGAN Kerja dan Koordinasi Jabatan Pimpinan Tinggi dengan Jabatan Fungsional

Semoga dengan keberadaan dari Keputusan Menteri Agama no 517 ini bangsa dan Negara Indonesia semakin baik keadaannya serta para ASN dan PNS khususnya pada lingkungan Kementerian Agama semakin diberkahi dan lancar rizki.

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *