PMA no 11 tahun 2020 Pedoman Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu


calon penghulu di KUA

Download Peraturan Menteri Agama Nomor 11 tahun 2020 tentang Pedoman Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu format PDF sebagai panduan dalam pelaksanaan dalam menghitung kebutuhan berkaitan dengan Kepenghuluan pada KUA Kecamatan.

Nikahdikua.com – assalamu’alaikum pakde, pertimbangan dikeluarkannya PMA no 11 tahun 2020 Pedoman Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu
Untuk melaksanakan ketentuan yang terdapat pada pasal 36 ayat 2 Permenpan nomor 9 tahun 2019 tentang jabatan Fungsional Penghulu dan surat MenPan B/34/SM.02.00/2020 tanggal 17 Januari 2020 perihal jawaban atas permohonan persetujuan Pedoman Perhitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu, sehingga perlu penetapan PMA sebagaimana dalam judul.

baca : SK Dirjen Bimis no 473 tentang juknis pencatatan nikah

Yang dimaksud dengan Jabatan Fungsional Penghulu dalam PMA ini adalah Jabatan sebagai Pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab, wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, bimbingan masyarakat Islam.

Selanjutnya Pejabat Fungsional Penghulu diberi tugas, tanggungjwab, hak dan wewenang untuk melakukan kegiatan pelayanan diatas.

Dalam KMA ini memuat tentang

  • Ketentuan Umum
  • Indikator Penetapan Beban Kerja
  • Tata Cara Perhitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu
  • Penetapan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu
  • Ketentuan lain lain
  • Ketentuan Penutup

Itulah hal hal yang diatur secara umum dalam PMA no 11 tahun 2020 sebagai pedoman para penghulu untuk mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan jabatann fungsional penghulu.

baca : Form Nikah Terbaru N1 – N4 – N7

Dalam hal indikator penetapan beban kerja, disebutkan bahwa penetapan kebutuhan PNS dalam Jabatan Fungsional Penghulu dihitung berdasarkan beban kerja yang ditentukan dari 3 indikator.

Adapun ketiga indikator tersebut adalah;

  1. Jumlah peristiwa nikah;
  2. Jumlah penduduk yang beragama Islam; dan
  3. Luas wilayah dan kondisi geografis terdalam, terluar, dan kepulauan.

Dalam ketentuan lain lain mengulas mengenai penghulu jenjang ahli utama paling banyak adalah orang, dengan ketentuan tidak menambah kebutuhan jumlah penghulu secara keseluruhan pada provinsi dimaksud.

Selanjutnya penghulu Ahli Utama ditempatkan pada KUA kecamatan di Ibu kota Provinsi.

Pemberlakuan PMA No 11 tahun 2020

Sejak kapan PMA ini diberlakukan?

Peraturan Menteri Agama no 11 tahun 2020 ini berlaku semenjak diundangkan yaitu pada tanggal 1 April tahun 2020 sama juga tanggal dengan penandatangannya oleh menteri Agama yang menjabat yaitu Fachrul Razi

Pada bagian akhir atau penutup dalam Peraturan Menteri Agama ini disebutkan, “agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri Agama ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Berlaku mulai di tanggal diundangkan 1 April 2020

PMA no 11 tahun 2020

Download PMA no 11 tahun 2020 Pedoman Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Penghulu

Berikut adalah tautan link guna mengunduh file dalam format PDF tentang pedoman penghitungan kebutuhan jabatan fungsional penghulu yang akan ditampilkan preloved atau dapat dilihat terlebih dahulu tanpa harus mengunduhnya.

Berikut tampilan penampakan dari PMA dimaksud.

Bagi penghulu ataupun Kepala Kantor Urusan Agama yang belum memiliki file ini dan mengalami masalah saat pengunduhan melalui tampilan langsung diatas, telah disediakan tautan untuk pengunduhan.

Berikut tautan link untuk memiliki file ini.

Download PMA no 11 tahun 2020

Demikian informasi kali ini tentang pedoman penghitungan kebutuhan penghulu, semoga para Pegawai Pencatat Nikah atau Perkawinan diberikan kesehatan keselamatan dan kemudahan dalam bekerja, diberikan jalan keluar terbaik dalam menghadapi masalah dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam layanan nikah dan keagamaan untuk masyarakat Islam

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *