Blangko Formulir Surat Rekomendasi Nikah Model N10

surat rekomendasi nikah dari KUA

Download form blangko formulir rekomendasi nikah model N10 terbaru mengacu kepada ketentuan yang tertuang dalam SK Dirjen Pendis alias Perdirjen no 473 tahun 2020 tentang juknis pelaksanaan pernikahan yang berlaku semenjak ada penetapannya. Ketentuan ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 1 Juli tahun 2020 sebagai penjelasan dari Peraturan Menteri Agama nomor 20 tahun 2019 tentang pencatatan pernikahan.

nikahdikua.com – assalamu’alaikum pakde bude, sebagaimana tercantum dalam SK Pendirjen diatas yang memutuskan bahwa keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, maka secara teknis penggunaan blangko atau form dalam pernikahan di Kantor Urusan Agama untuk segera menyesuaikan dengan juknis yang ada.

Salah satunya yaitu keberadaan rekomendasi perkawinan yang pada SK Dirjen sebelumnya (KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR 713 TAHUN 2018) memiliki kode N7, maka dengan ketentuan yang baru ini berubah menjadi N10.

Dalam hal lampiran atau penggunaan rekomendasi nikah ini harus dilampirkan apabila calon pengantin berasal dari luar kecamatan.

Ketentuan ini dapat dilihat dalam PMA nomor 20 tahun 2019 pada Bab IV Pelaksanaan Nikah Bagian Ketiga Tempat Akad pasal 17 ayat (2) yang berbunyi akad nikah yang dilaksanakan di luar tempat tinggal calon suami dan istri harus mendapatkan surat rekomendasi nikah dari Kepala KUA Kecamatan wilayah tempat tinggal masing masing.

Apa saja perbedaan yang ada dalam rekomendasi nikah model N10 terbaru ini?

Yang pertama yaitu perubahan kode model N7 menjadi model N10, kemudian letak tulisan Kepala KUA Kecamatan yang sebelumnya berada dibelakang KBRI KJRI PPN Luar negeri diubah letaknya menjadi didepan.

Jika dalam form yang lama kepada yth. Terdapat KBRI KJRI, dalam formulir terbaru sudah dihilangkan dan hanya menyisakan PPN Perwakilan RI.

Pada bagian bawah sebelum tanda tangan kepala atau penghulu, jika pada blangko sebelumnya memakai istilah permohonan kehendak perkawinan, diubah menjadi permohonan kehendak nikah.

Yang lainnya bisa dikatakan plek sama persis tidak ada yang menyimpan.

Seperti apakah teks tulisan rekomendasi pernikahan yang baru model N10 ini? Berikut silakan disimak.

Teks Formulir Rekomendasi nikah N10

LAMPIRAN XIV
KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM
NOMOR 473 TAHUN 2020
TENTANG
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PENCATATAN PERNIKAHAN
FORMULIR REKOMENDASI NIKAH

Model N10

KECAMATAN …………………………….
KABUPATEN / KOTA …………………………

Nomor : …. … ……………………………….. 20..
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Rekomendasi nikah

Kepada Yth,
Kepala KUA Kecamatan/PPN Perwakilan RI
………………………………………………

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan, telah datang ke kantor kami seorang laki-laki/perempuan :
Nama :
Bin/Binti :
Nomor Induk Kependudukan :
Tempat dan tanggal lahir :
Jenis Kelamin :
Agama :
Kewarganegaraan :
Pekerjaan :
Alamat :
Nomor Paspor :
Status Pernikahan :

Akan melaksanakan pernikahan di wilayah Saudara dengan seorang Laki- laki / perempuan:

Nama :
Bin/Binti :
Nomor Induk Kependudukan :
Tempat dan tanggal lahir :
Jenis Kelamin :
Agama :
Kewarganegaraan :
Pekerjaan :
Alamat :
Nomor Paspor :
Status Pernikahan :
Berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan dalam PMA Nomor 20 Tahun 2019 kami lampirkan persyaratan permohonan pendaftaran kehendak nikah.

Kepala/ Penghulu

……………………………..

Seperti itulah penampakan form blangko atau formulir N10 tentang rekomendasi nikah yang dibuat mendekati sepersis persisnya sebagaimana yang dicontohkan yaitu penggunaan font bookman old style dengan size atau ukuran 12.

Download Blangko Formulir Surat Rekomendasi Nikah Model N10 terbaru

Ada dua lembar halaman yang dibuat dalam satu file untuk form rekomendasi nikah model N1 ini, yang pertama dibuat dengan pencantuman kop KUA beserta logo Kementerian Agama yang mengacu kepada Contoh KOP KUA berdasarkan KMA.

Pada halaman kedua yaitu formulir rekomendasi nikah yang dibuat apa adanya sebagaimana dalam contoh dengan atas blangko terdapat lampiran XIV bla bla bla sampai akhir.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tampilan dibawah ini sebagai preloved.

Jika hendak mengunduh file rekomendasi nikah terbaru diatas, sampean bisa mendownload langsung lewat gambar tampilan yang nanti akan diarahkan dalam dokumen pengunduhan.

Ada Kendala untuk mengunduh? Berikut dibagikan tautan link pengunduhan.

Download formulir pendaftaran nikah model N10

Demikian informasi terakhir dari serial blangko kelengkapan pengajuan pendaftaran nikah beserta wadya balanya, semoga diberikan kelancaran dalam pelayanan dan kesehatan serta keberkahan bagi anda dan keluarga beserta orang orang terkasih.

Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *