uu-no-16-tahun-2019-berlaku

Undang undang no 16 tahun 2019 revisi UU Perkawinan resmi diundangkan

Informasi tentang pengesahan revisi undang undang perkawinan dan kapan mulai di undangkan untuk diberlakukan sebagai dasar hukum utamanya dalam batasan umur atau usia calon pengantin melakukan pernikahan dan download UU dimaksud dalam format PDF.

Nikahdikua.com – assalamualaikum para khalayak pengamat perkawinan maupun pelaku peristiwa dan para pegawai negeri yang melayani pencatatan pernikahan (ASN pada Kantro Urusan Agama), dilansir dari berbagai informasi berita nasional bahwasanya Undang undang nomor 16 tahun 2019 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN telah berlaku.

Baca;
Unduh PMA no 20 tahun 2019 #
Ketentuan pengelolaan dana Operasional berdasarkan SK Dirjen #
ketentuan waktu penyerahan buku nikah kepada pengantin berdasarkan PMA terbaru #

Dengan begitu sejak diberlakukan perundang undangan ini dampak yang paling nyata yaitu dari pihak Kantor Urusan agama untuk menolak calon pengantin baik pria maupun wanita yang belum mencapai usia 19 tahun untuk melangsungkan pernikahan.

Pengesahan UU no 16 tahun 2019 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

loading...

Undang undang nomor 16 tahun 2019 ini disahkan pada hari senin tepatnya tanggal 14 Oktober 2019, demikian dilansir dari Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin di Jakarta.

Pengesahan undang undang ini ternyata tidak lantas perundang undangan ini berlaku dengan serta merta, trus kapan mulai berlakunya? Silakan disimak dibawah ini.

UU no 16 tahun 2019 mulai diundangkan

Setelah pengesahan revisi undang undang dilakukan, selang satu hari kemudian UU no 16 tahun 2019 ini diberlakukan, tepatnya pada hari selasa tanggal 16 Oktober 2019 sehingga efektif pada mulai di undangkan aturan ini maka bagi orang yang hendak menikah dan belum mencapai umur 19 tahun akan ditolak oleh KUA, pengecualian nanti ada putusan pengadilan.

Calon pengantin dibawah 19 tahun yang hendak menikah

Bagaimana ini jika memang belum mencapai umur 19 dan terpaksa harus menikah? Karena hamil duluan misalnya, dalam undang undang perkawinan yang baru memberikan celah dispensasi oleh pengadilan disertai dengan alasan yang kuat yang tertuan dalam pasal 7 ayat 3.

Aturan umur pernikahan pada UU no 1 tahun 1974 (yang direvisi)

Dalam aturan sebelumnya bagi calon pengantin pria hendaknya mencapai umur 19 tahun dan untuk calon mempelai wanita adalah 16 tahun. Dengan begitu perubahan yang terjadi adalah pada batasan usia anak perempuan dari yang awalnya berumur 16 tahun menjadi 19 tahun.

PMA no 20 tahun 2019 masih mengacu kepada aturan no 1 tahun 74 tentang usia pernikahan

Baru baru ini ada juga pergantian Peraturan Menteri Agama mengenai pencatatan nikah yaitu adanya pencabutan PMA nomor 19 tahun 2018 tentang pencatatan perkawinan yang dicabut dan digantikan dengan PMA nomor 20 tahun 2019 tentang pencatatan perkawinan.

Salah satu yang tercantum pada PMA ini adalah batas usia calon pengantin yang masih mengacu kepada UU no 1 tahun 74 dimana usia minimal pria adalah 19 tahun dan usia wanita 16 tahun.

Entah nantinya akan terbit PMA baru atau hanya SK Dirjen yang memberikan penjelasan mengenai usia pada PMA no 20 tahun 2019 atau aturan pada PMA tersebut dengan senidirnya mengikuti UU no 16 tahun 2019.

Download UU no 16 tahun 2019 PDF PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

bagi pegawai di Kantor Urusan Agama Kemenag maupun Seksi Bimas Islam atau para pengamat pernikahan, dapat melihat atau review uu ini sebagaimana tampilan dibawah ini.

anda dapat mengunduhnya langsung melalui tampilan diatas, atau jika mengalami kendala dalam langsung download format PDF dapat mengikuti link tautan dibawah ini.

download UU no 16 tahun 2019 PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

Demikian informasi hari ini, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber:
Mediaindonesia.com
antaranews.com
today.line.me

loading...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *