tukin penghulu

Tunjangan Kinerja Penghulu berdasarkan Grid Kelas Jabatan Pangkat Golongan

Nikahdikua.com – Tunjangan Kinerja Penghulu berdasarkan Grid Kelas Jabatan Pangkat Golongan.
Postingan Tanggal 18 Juni 2019. Assalamu’alaikum para penghulu sebagai petugas penerima pendaftaran, pejabat yang menghadiri pencatatan perkawinan dan juga bertugas mencatat peristiwa nikah di Indonesia, sugeng enjang sugeng makaryo selamat aktivitas, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu.

Saat ini para penghulu baik yang hanya sekedar menjadi penghulu atau mendapat amanat sebagai Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan telah menikmati apa yang disebut dengan Tunjangan Kinerja alias Tukin yang dahulu kala di angen angen dan di tunggu-tunggu kedatangannya.

baca;
Jumlah Potongan Tunjangan Kinerja Pegawai Pada Kemenag Karena cuti, izin, telat absen, sakit, dll #
Besaran Uang Tunjangan Kinerja bagi PNS Kemenag berdasarkan Grid #
Kisah Penghulu dan laporan Ijab luar Balai Nikah #

Perbedaan penerimaan Tunjangan Kinerja Penghulu

Jatah bagi tunjangan untuk penghulu ternyata tidak sama pukul rata, akan tetapi berbeda jumlah uang yang diterima dengan ketentuan yang telah diatur sedemikian rupa.

loading...

Duit tunjangan kinerja bagi penghulu mempunyai 3 perbedaan penerimaan, tentunya semakin tinggi pangkat golongan maka semakin banyak juga rupiah yang diraup dari kelas jabatan yang di emban.

Parameter Tunjangan Kinerja Penghulu

Paramater dari kelas jabatan yaitu berdasarkan pangkat golongan ruang dari penghulu dimaksud, entah itu disampiri sebagai Kepala KUA atau ansich sebagai penghulu doank.

Bisa jadi dalam satu KUA, tunjangan penghulu lebih tinggi dibanding dengan kepala KUA yang berada disitu karena penghulu yang tidak menjadi kepala mempunyai pangkat golongan lebih tinggi dibandingkan Penghulu yang disampiri jabatan.

Emang ada kejadian seperti itu? Ada.

Bisa jadi karena alasan tertentu semisal kondisi fisik, penghulu dimaksud tidak bersedia menjadi kepala KUA sehingga sampiran ini diberikan kepada penghulu lainnya.

3 Kelas Jabatan Penghulu

Kembali lagi ke jumlah uang tunjangan kinerja pada Kementerian Agama untuk Penghulu, dibagi menjadi 3 berdasarkan pada peraturan menteri Agama Republik Indonesia nomor 51 tahun 2014 tentang nilai dan kelas jabatan struktural dan jabatan fungsional pada Kemenag.

Dalam PMA dimaksud, pembagian nilai jabatan dan kelas jabatan dibagi 3 yaitu ;

Ahli Madya, nilai jabatan 1885, kelas jabatan 11
Ahli Muda, nilai jabatan 1390, kelas jabatan 9
Ahli Pertama, nilai jabatan 1190, kelas jabatan 8

Itulah pembagian kelas jabatan penghulu pada Kementerian Agama RI berdasarkan PMA no 51 tahun 2014 yang nantinya akan berimbas kepada jumlah tukin yang masuk ke dalam rekening PNS dimaksud.

Jika mengacu kepada guru, maka penjabaran dari Ahli Madya Muda maupun pertama, maka mestinya Jabatan Pangkat Golongan yang tidak disebut, dimasukkan sebagai berikut

Ahli Madya, Gol IV/a, IV,b dan IV/c
Ahli Muda, Gol III/c dan III/d
Ahli Pertama, Gol III/a dan III/b

Jumlah Uang Tunjangan Kinerja Penghulu berdasarkan Kelas Jabatan

Dengan begitu jika terperinci tentang grid kelas jabatan bagi penghulu beserta duit yang didapat dari Tunjangan Kinerja tahun 2019 mengacu kepada PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2019 TENTANG PEMBERIAN TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI PADA KEMENTERIAN AGAMA adalah sebagai berikut ;

  • Gol III/a kelas Jabatan 8, Tunjangan Kinerja Rp. 3.319.000,-
  • Gol III/b kelas Jabatan 8, Tunjangan Kinerja Rp. 3.319.000,-
  • Gol III/c Kelas Jabatan 9, Tunjangan Kinerja Rp. 3.781.000,-
  • Gol III/d Kelas Jabatan 9, Tunjangan Kinerja Rp. 3.781.000,-
  • Gol IV/a Kelas Jabatan 11, Tunjangan Kinerja Rp. 5.183.000,-
  • Gol IV/b Kelas Jabatan 11, Tunjangan Kinerja Rp. 5.183.000,-
  • Gol IV/c Kelas Jabatan 11, Tunjangan Kinerja Rp. 5.183.000,-

Selisih Tunjangan Kinerja Penghulu berdasarkan Kelas Jabatan Atau Grade

tunjangan kinerja penghulu
uang dollar

Berikut adalah selisih dana yang diterima oleh Penghulu mengacu kepada kelas jabatan yang di emban;

Selisih kelas Jabatan 11 dengan kelas Jabatan 9 = Rp. 1.4020.000,-
Selisih kelas Jabatan 11 dengan kelas Jabatan 8 = Rp. 1.8640.000,-
Selisih kelas Jabatan 9 dengan kelas Jabatan 8 = Rp. 4620.000,-

Jika tidak yakin dengan hitungan diatas, silakan ambil kalkulator dan anda hitung ulang, insyaallah akan muncul angka yang sama.

Beda karepe mbilung dan karepe Togog

Pernah mendengar ada yang berharap, semestinya ada penghargaan sampiran bagi penghulu yang mengemban atau disampiri Jabatan sebagai kepala KUA setingkat lebih tinggi dari hak yang ditetapkan dalam PMA saat ini,

Misalnya penghulu Gol IV/a yang kelas jabatan 11 jika mendapatkan tugas tambahan sebagai kepala KUA maka kelas jabatannya menjadi 12 alias naik satu strip, akibatnya mendapatkan uang Tunjangan kinerja grid 12 yaitu sebesar Rp 7.271.000,- (tujuh juta dua ratus tujuh puluh satu ribu rupiah.

Anda tahu berapa selisih uang grid 11 dengan 12? Terpaut Rp. 2.088.000,- (dua juta delapan puluh delapan ribu rupiah).

Atau jika golongan III/c kelas jabatan 9 maka naik menjadi kelas jabatan 10, dan seterusnya.

Akan tetapi memang tidak ada ketentuan dan aturan yang seperti itu sehingga kepala KUA dalam uruan tunjangan Kinerja terhitung sebagai penghulu tanpa embel-embel tambahan duit sebagai kepala KUA.

Pun begitu, sudah mantablah tunjangan sebegitu sehingga bisa menambah semangat penghulu dalam menerima pendaftaran, melaksanakan pemeriksaan, melakukan entry dan cetak NB serta pencatatan perkawinan pada akta dan Buku nikah seperti dalam aturan yang sudah berlaku beberapa tahun ini yang bisa dilihat pada Peraturan MENPAN Nomor PER/62/M.PAN/6/2005 maupun pada aturan yang lain.

Salam simkah web online dan selamat ngentry data pengantin.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *