warna background foto buku nikah

Warna Background Pas Foto Buku Nikah

nikahdikua.com – Warna Back Ground Pas Foto Buku Nikah.
informasi keterangan bagi calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di KUA mengenai warna latar belakang foto nikah yang akan di tempelkan pada buku nikah.

Dalam aturan pernikahan atau perkawinan utamanya foto ternyata sudah ada ketentuan mengenai warna background latar belakang pas foto buku nikah.

Baca;
Jumlah foto untuk nikah di KUA
Biaya nikah di KUA
Syarat dan ketentuan menikah di KUA

Jadi tidak bisa memilih warna sesuai dengan keinginan pribadi. Misalnya, wah saya anaknya dewan dari partai A, jadi warna back ground buku nikah saya merah, atau saya adalah anggota dari satgas ini, pengen latar belakang pas foto berwarna doreng hijau oranye hitam.

Aturan warna latar belakang foto buku nikah

loading...

Dalam ketentuan warna mengenai background foto pernikahan untuk ditempel pada buku nikah dapat dilihat di Lampiran II Keputusan direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 713 Tahun 2018 tentang Penetapan Formulir dan Laporan pencatatan Perkawinan atau rujuk.

Dalam hal ini yang tercantum mengenai warna adalah form N2 yaitu Permohonan Kehendak Perkawinan.

Dalam form tersebut terdapat syarat pengajuan nikah yaitu;

Surat Pengantar Perkawinan dari desa/Kelurahan
Persetujuan Calon Mempelai
Fotocopy KTP
Fotokopi akte kelahiran
Paspoto 2×3 3 lembar berlatar belakang warna biru

Dari aturan dimaksud maka bisa diketahui bahwa warna bacground pasfoto buku nikah adalah biru.

Bukan merah, putih, pink, hijau, toska, kuning, coklat, jingga, ungu, bahkan warna warni pelangi.

Warna background buku nikah tahun genap tahun ganjil

surat dispensasi nikah

Jika pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) ada perbedaan pada tahun genap (misal tahun 1980 1982 1984 1986, 19888) atau tahun genap yang lain) yaitu warna biru.

Sedangkan pada tahun kelahiran ganjil (misalnya 1981 1983 1985 1987 1989 atau tahun ganjil lainnya) maka bacground berwarna merah.

Akan tetapi pada aturan buku nikah ternyata tidak ada perbedaan warna latar belakang foto baik anda lahir pada tahun genap ataupun tahun ganjil, tetaplah warna biru untuk tahun genap maupun ganjil.

Foto nikah memakai hijab jilbab peci kacamata

Bagi anda yang menginginkan ridha Allah yang salah satunya menutup aurat termasuk dalam berfoto, sampai saat ini tidak ada larangan bagi yang ingin memakai jilbab untuk foto buku nikah, akan tetapi bagi yang ingin bercadar tidaklah bisa karena tidak tampak wajahnya.

Pun begitu dengan kacamata, tidak ditemukan keharusan calon pengantin melepas kacamata guna kepentingan pasfoto pada buku nikah.

Bagaimana jika ingin memakai songkok? Sama kasusnya diatas bahwa peci bisa dipakai dalam persyaratan untuk gambar nikah.

Bagaimana kalau tidak suka memakai jilbab peci maupun kacamata? Sampau saat ini tidak ada keharusan untuk menggunakan hijab untuk menikah.

Meski tanpa ada ketentuan mengikat, tetaplah memperhatikan kesopanan dalam pengambilan gambar yaitu memakai kemeja yang layak (tidak memakai kaos atau baju dengan gambar yang warna warni norak) serta rapi dalam foto.

Bukan hanya itu tapi juga memperhatikan norma kesopanan semisal tertutup area dada alias sekwilda bagi wanita dan pakaian yang longgar tidak tipis, jangan memilih baju slimfit sehingga tumpah ruah kemana dan terterawang area yang hot milik calon pengantin.

Demikian informasi mengenai ketentuan warna latar belakang foto nikah. Semoga menambah wawasan dalam persiapan pernikahan.

23062total visits,19visits today

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *