Hantaran Pernikahan yang lazim diberikan calon suami

hantaran pernikahan

Nikahdikua.com – informasi tentang hantaran pernikahan yang umum diberikan dari pihak calon mempelai pria kepada calon istri berdasarkan keumuman masyarakat di Indonesia umumnya dan wilayah jawa pada khususnya.

baca;
Mahar yang lazim di Indonesia
Biaya Nikah di KUA
Syarat mengurus nikah di KUA

Pengertian Hantaran Pernikahan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemberian barang hantaran nikah atau uang hantaran adalah barang ataupun uang sebagai pemberian dari pihak laki laki kepada calon mempelai untuk biaya perkawinan.

dalam istilah lain juga disebut uang jujur, yaitu uang yang diberikan calon pengantin laki laki kepada calon pengantin perempuan. (Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008), h.1766

Barang Hantaran yang umum diberikan

loading...

Apa saja sih isi hantaran dalam pernikahan atau pertunangan lamaran? Berikut adalah macam macam benda atau barang hantaran yang lumrah diberikan dari pihak catin pria kepada calon istri pada masyarakat umum awam baik dalam hal strata sosial maupun ekonomi.

Perlengkapan Ibadah dan Alat Sholat

Jamak lumrah seserahan hantaran perkawinan adalah seperangkat alat sholat, juga termaksud didalamnya sebagai doa semoga menjadi istri solihah dapat menghantarkan kepada keluarga sakinah mawaddah wa rahmah dan rajin dalam beribadah serta baik dalam pendidikan anak yang agamis.

Isi perlengkapan berupa mukena atau rukuh, sajadah, tasbih (ada pula yang kurang sreg dengan tasbih), al Qur’an.

Perlengkapan mandi

Tau sendiri perlengkapan untuk membersihkan badan di kamar mandi ini semisal sabun mandi, sampo, kondisioner, sikat gigi, box peralatan mandi, minyak wangi ataupun wewangian, barang untuk perawatan tubuh semisal lotion maupun lain-lain yang berhubungan dengan perawatan jasmani.

Perhiasan Emas atau logam mulia

Umumnya berupa emas yang terdiri dari gelang, kalung, cincin, dalam hal ini jumlah gram dan kisaran harga sebaiknya di komunikasikan terlebih dahulu supaya tidak terlalu memberatkan pihak pria dan juga tidak mengecewakan pihak perempuan.

Pakaian dan kelengkapannya

Lebih spesifik adalah pakaian dalam mulai dari BH atau kutang maupun celana dalam yang tentunya perlu dipilihkan yang nyaman dan layak patut diberikan sebagai hantaran dalam pernikahan.

Busana Pesta dan aksesoris

hantaran perkawinan

Merupakan pakaian lengkap berupa busana yang patut dipakai kondangan menghadiri pernikahan ataupun pesta. Yang lumrah diberikan yaitu model baju kebaya atau sesuai dengan komunikasi atau otoritas orang tua yang memilihkan.

Dilengkapi dengan sepatu high heels, jam tangan, tas, kaos kaki, bros dan lain sebagainya.

Makanan dan Buah buahan

Pada masyarakat jawa, hantaran berupa makanan khas yang sering keberadaannya pada saat pernikahan, semisal wajik, jadah, apalah namanya. Dan dimasa modern sekarang juga banyak roti maupun kue yang dirasa enak oleh pihak keluarga pengantin pria,

Bahan pokok mentah

Gula teh beras ketan syrup sayuran segar adakalanya masih ada yang membawa sebagai salah satu barang yang dijadikan hantaran dalam pernikahan.

Kain

Biasanya kain ini dibentuk menyerupai hewan atau bunga yang unik sehingga terkesan artistik, umumnya kain yang dibentuk adalah kain jarik, selimut, sprei, bakal pakaian.

Hantaran Pernikahan sederhana

Hantaran pernikahan bukan salah satu syarat wajib sah ijab kabul, hanya merupakan adat budaya yang ada pada masyarakat, akan tetapi menginginkan hantaran sederhana bisa menyiapkan;

Peralatan sholat, mukena, sajadah,
Perhiasan emas; cincin beberapa gram
Pakaian dan aksesoris ; menyesuaikan budget
Makanan dan buah ; disesuaikan anggaran, misalnya kue dan buah secukupnya tidak terlalu banyak sehingga mubadzir bahan dan keuangan.

penutup

Demikian informasi terkait dengan hantaran pernikahan di Indonesia pada umumnya. Tulisan ini tidak bersifat mengikat hanya menyampaikan keumuman yang terjadi pada masyarakat.

Lha wong misalnya tidak ada hantaran pernikahan pun tidak membatalkan keabsahan pernikahan, Cuma mungkin agak memalukan karena tidak sesuai dengan adat budaya yang beredar pada masyarakat.

1481total visits,2visits today

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*