duplikat buku nikah

Mengenal Duplikat Buku Nikah

nikahdikua.com – Informasi tentang duplikat buku nikah cara mendapatkan dan biaya yang diperlukan untuk mengurusnya serta cek keaslian apakah duplikat buku nikah asli atau palsu.

Mengenai hal duplikat buku nikah atau adakalanya masyarakat awam menyebut dengan duplikat surat nikah, saat ini dalam mengeluarkan ataupun permohonan penerbitannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama nomor 19 tahun 2018 tentang pencatatan perkawinan

Baca;
Permohonan Duplikat Buku nikah karena Rusak
Mengurus Buku Nikah yang Hilang
Biaya Nikah di KUA berdasarkan aturan

Aturan tentang duplikat buku nikah.

Berikut adalah ketentuan yang mengatur mengenai duplikat buku nikah yang nama resmi dalam PMA dimaksud yaitu duplikat buku pencatatan perkawinan sebaimana tercantum pada PMA no 19 tahun 2018 BAB XIII PENERBITAN DUPLIKAT BUKU PENCATATAN PERKAWINAN dalam pasal Pasal 35.

loading...

(1) Buku Pencatatan Perkawinan yang rusak atau hilang dapat diterbitkan duplikat.

(2) Duplikat Buku Pencatatan Perkawinan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala KUA Kecamatan yang mencatat perkawinan berdasarkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

(3) Penerbitan duplikat Buku Pencatatan Perkawinankarena kerusakan didasarkan surat permohonan yang bersangkutan disertai penyerahan Buku Pencatatan Perkawinan asli.

Dari kesimpulan pasal 33 dan 3 ayat diatas bahwasanya buku nikah dapat diterbitkan karena 2 hal yaitu;

(1) Hilang

(2) Rusak

Penerbitan duplikat buku pencatatan perkawinan dibuat pada KUA yang menerbitkan buku nikah sebelumnya, jadi secara teknis tidak bisa dibuat pada Kantor Urusan Agama yang lain.

Jika penerbitan duplikat buku nikah karena kehilangan, maka penerbitan dibuat berdasarkan surat keterangan kehilangan dari Polisi
Jika penerbitan duplikat buku nikah karena rusak maka penerbitan bisa dilaksanakan dengan;

(1). Menyertakan sisa buku nikah yang ada
(2). Permohonan penerbitan dari yang bersangkutan

Contoh Duplikat Buku Nikah

Dibawah ini adalah contoh cover buku duplikat nikah untuk suami dan istri dengan warna merah marun dan hijau tua yang peruntukannya merah = suami, dan hijau = istri.

duplikat buku nikah asli
duplikat buku nikah

Biaya penerbitan buku duplikat nikah

Secara aturan, penerbitan duplikat ini tidak dipungut biaya karena tidak ada dasar yang menunjukkan adanya biaya sebagai pengganti penerbitan duplikat dimaksud.

Di lapangan koq masih ada pungutan biaya? Walah kalo itu sudah diluar koridor pelaksanaan pelayanan yang baik. Mintalah kuitansi tanda terima jika memang terdapat pembayaran guna penerbitan duplikat surat nikah dimaksud kepada petugas yang meminta biaya.

Duplikat Buku Nikah Asli dan Palsu

Secara teknis, spesifikasi buku duplikat ini bisa dikatakan sama persis dengan buku nikah, secara kasat mata pegawai KUA bisa membedakan buku itu asli atau palsu.

Akan tetapi keaslian buku duplikat nikah dipastikan asli jika dikeluarkan oleh KUA yang berwenang berdasarkan akta catatan nikah pada KUA tanpa ada perubahan sedikitpun dari data yang ada.

Alur mengurus buku duplikat akta nikah

Bisa jadi beda wilayah beda cara mengurusnya, yang jelas jika buku anda hilang, kalau masih ada fotocopy yang jelas nomor buku nikah silakan datang ke polsek untuk laporan kehilangan, selanjutnya bawalah surat keterangan kehilangan dimaksud guna di proses oleh pihak KUA.

Jangan lupa membawa foto 2×3 dengan background warna biru sebanyak masing-masing 2-4 lembar (karena bisa jadi beda KUA beda permintaan jumlah fotonya).

Foto ini nantinya dipasang pada buku duplikat nikah yang baru.

Jika buku anda rusak, maka bawalah sisa dari buku nikah dimaksud dan siapkan surat permohonan penerbitan buku nikah, diatas ada link atau tautan contoh permohonannya.

Demikian semoga bermanfaat.

loading...

1 komentar untuk “Mengenal Duplikat Buku Nikah”

  1. Ping-kembali: Tidak ada akta Kelahiran bisa daftar nikah dengan surat Keterangan Kelahiran Desa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *