Cara Mengurus Surat Cerai Mati

mengurus-surat-cerai-mati

Nikahdikua.com – informasi tentang tata cara mengurus surat cerai mati yang dapat di gunakan sebagai syarat untuk menikah lagi bagi janda mati atau duda yang menunjukkan bahwa dirinya sudah single tidak terikat dalam perkawinan karena maut memisahkan (janda mati atau duda mati).

Baca :
Syarat Nikah Janda Duda di KUA
Wali Nikah Janda
Biaya Nikah di KUA

Bukti seseorang sudah menjadi janda atau duda karena cerai mati adalah adanya surat keterangan kematian pasangan yang sudah wafat.

Selanjutnya silakan mengurus status perkawinan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK).

Berbeda dengan janda duda cerai talak, yang menjadi bukti status single adalah akta perceraian yang dikeluarkan oleh Pengadilan agama.

Dalam hal ini, akta kematian biasanya dipergunakan untuk;

  1. Mengurus Penetapan Ahli Waris
  2. Mengurus Pensiunan Janda/Duda
  3. Mengurus Klaim Asuransi.
  4. Persyaratan untuk melaksanakan Perkawinan kembali.

Cara Mengurus Surat Cerai Mati

edy yusuf
perangkat desa

Bagi yang hendak mengurus akta kematian, yang dalam hal ini bisa berfungsi sebagai dasar surat cerai mati, berikut perlengkapan administrasi yang perlu disiapkan.

Persyaratan membuat akta kematian ;

  • Surat Keterangan Kematian dari kelurahan;
  • Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit, puskesmas atau visum dokter;
  • Asli; dan Fotokopi KK dan KTP almarhum dan pemohon;
  • Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Perkawinan/akta nikah, dalam hal yang meninggal sudah kawin; dan
  • Asli dan Fotokopi Kutipan Akta Kelahiran yang meninggal.

Pada point 1 disebutkan bahwa ada syarat surat keterangan kematian dari kelurahan atau desa, surat ini bisa dikeluarkan jika ada surat pengantar dari rt rw.

Syarat menikah Janda Cerai Mati

Setelah mengetahui cara mengurus akta kematian, bagi janda cerai mati ataupun duda cerai mati yang ingin menikah lagi maka ada satu syarat tambahan dalam pernikahan yaitu FORMULIR SURAT KETERANGAN KEMATIAN SUAMI/ISTRI model N6.

Surat keterangan ini dilampirkan bersama dengan persyaratan yang lain dalam pernikahan.

Setiap kelurahan mestinya telah memiliki formulir ini, anda tinggal menyampaikan bahwa status calon mempelai adalah duda mati atau janda mati.

Pastinya pihak pegawai kelurahan atau perangkat desa akan paham dan dibuatkan surat keterangan kematian suami atau istri model N6 sebagai salah satu syarat pernikahan janda atau duda karena cerai mati.

Download N6 Surat Keterangan Kematian Suami atau Istri

download-file-Nikahdikua.com
download-file-Nikahdikua.com

Berikut contoh format N6 terbaru berdasarkan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR 713 TAHUN 2018 TENTANG PENETAPAN FORMULIR DAN LAPORAN PENCATATAN PERKAWINAN ATAU RUJUK

Download N6 surat keterangan Kematian Suami atau Istri

Sepertinya sudah kami sampaikan semua yang sudah kita ketahui, semoga bisa memudahkan anda dalam mengurus surat sebagai administrasi baik dalam perkawinan pernikahan atau warisan maupun klaim asuransi.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan anda tulisakan pada kolom komentar, insyaallah akan kami jawab secepatnya.

17 tanggapan pada “Cara Mengurus Surat Cerai Mati”

  1. Pingback: CARA NIKAH JANDA DUDA DI KUA BESERTA SYARAT - nikah di KUA

  2. assalamu Alaikum.
    sya mau bertanya bagaimana agar calon istri sya yg seorang janda yg ditinggal mati mantan suaminya tapi mereka menikah secara siri bisa menikah dgn saya yg duda cerai hidup sudah pnya akta cerai serta stts KTP dan KK saya juga cerai. sya ingin menikahinya secara resmi di KUA tempat calon istri saya di kabupaten yg berbeda.
    sebelumnya dia juga pernah menikah hingga punya anak tapi juga secara siri dan mantan yg pertama pun sudah meninggal. pernikahan yg kedua juga secara siri dan mantannya yg kedua juga sdh meninggal. sya calon suaminya yg ketiga. mohon jawabannya. trmksh

    1. secara teknis orang yang menikah sirri dalam administrasi indonesia tidak dianggap menikah, sehingga statusnya adalah gadis atau jejaka (jika belum pernah menikah). untuk menikah pada kabupaten lain syaratnya sama saja tinggal menambahkan rekomendasi perkawinan dari KUA sesuai alamat KTP menuju kepada KUA tempat berlangsungkan pernikahan.

      contoh wanita dari tangerang, laki-laki dari Jakarta, tempat pernikahan Kua Tasikmadu Jawa Tengah.

      maka wanita mencari syarat dari wilayah setempat dan meminta rekomendasi KUA Tangerang untuk menikah di KUA Tasikmadu
      sedangkan calon mempelai laki-laki mencari syarat dari wilayah setempat (Jakarta/sesuai KTP) dan meminta rekomendasi KUA Jakarta untuk menikah di KUA Tasikmadu. demikian jawaban singkat, semoga bisa dipahami.

    2. untuk pernikan sirri secara teknis administrasi tidak dianggap pernah menikah, jadi secara pencatatan maka statusnya adalah gadis.

      teknis nikah berbeda kabupaten syaratnya standar saja, syarat lengkap dari kelurahan plus surat rekomendasi dari KUA sesuai alamat kepada KUA tempat menikah.

  3. Tapi kendalanya Sy tdk bisa menikahi nya di KUA Krn dia ga bisa rubah stats d KTP dan KK nya dr menikah menjadi janda Krn ga pnya buku nikah dr 2 pernikahan terdahulu. Itu inti pertanyaan Sy. Ga bisa rubah stats jg ke dukcapil Krn dokumen pernikahan maupun perceraian dia tdk pny. KTP dan KK yg dia bikin d dukcapil Krn dibantu pengurusannya oleh perantara.

  4. Saya janda sudah 4 tahun dan sudah punya akte cerai hidup, dan insyaAllah mau menikah dengan duda cerai mati. Pertanyaan saya :
    1. Apakah saya bisa menikah dengan calon saya sedangkan dia tidak punya akte kematian atau akte cerai
    2. Ada yang bilang gak perlu pake surat mati/akte selama ktp calon masih status bujang (ktp belum di ganti)
    3. Sebenarnya yang di perlukan untuk mengurus ke kua itu surat kematian atau akte cerai?tidak bisa kah salah satunya saja yang di buat?

    Mohon jawabannya. Terimakasih

    1. 1. yang pertama, secara teknis anda bisa menikah dengan calon anda.
      syarat untuk duda cerai adalah surat keterangan kematian istri atau form n6 dari desa atau kelurahan.
      2. kalau tidak ketahuan ya bisa saja, jika ketahuan anda terancam pemalsuan dokumen ancamannya penjara
      3. jika janda cerai maka harus ada akta perceraian asli, kalau pasangannya meninggal maka syaratnya adalah N6 dari kelurahan.

      sebenarnya situasi anda tidak rumit, langsung saja anda (dan calon sampean) ke rt rw minta pengantar ke kelurahan untuk mengurus nikah di KUA.

      nanti anda akan paham sebenarnya situasinya tidak serumit yang anda kira. itulah saran dari saya, semoga sampean lancar dalam mengurus administrasi di KUA. salam.

  5. Assalamualaikum, bpk/ibu mau bertanya bisa kah pembuatan surat cerai mati itu di buat oleh kluarga pihak yg meninggal.

    1. wa’alaikum salaam. kalau yang mengurus keluarga tentunya bisa, kalau yang membuat mestinya adalah instansi atau aparat yang berwenang.

  6. Maaf mau tanya kalo sudah punya suamrat kematian dr kelurahan apa harus urus akte cerai jg supaya BS nikah resmi Kua LG terimakasih

  7. Assalamualaikum saya mau tanya,saya cerai mati tp setelah istri saya (almrh)meninggalkan saya sedangkan akta nikah dibawa semua oleh istri saya,meninggalnya pun saya tidak tau dmn gmn cara saya mengurus surat cerainya mohon penjelasan…sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  8. Maaf min numpang tanya, saya sudah menikah selama 4 bulan tapi istri saya meninggal dan saya duda di tinggal mati, kalau saya ingin mengurus surat perceraian bagaimana yaa sedangkan saya dan istri saya blom pecah KK dan status di KTP masih belum menikah

  9. Ma’af min mau tanya, saya menikah sudah 4 tahun, Dan Status saya belom cerai dgn suami, saat ini saya tidak mengetahui keberadaannya dimana, atau masih hidup atau mati. saya gak tau, karena gak Ada kabar selama 2 tahun ini, Dan buku nikah dibawa semua, sehingga saya kesulitan untuk mengurus perceraian, karna buku nikah tidak ada/ditahan oleh suami. saya tidak di nafkahi selama 2 tahun lebih, apa yg bisa saya lakukan,,?? apakah boleh saya membuat cerai mati ?

    1. Urusan cerai yang memutuskan adalah pengadilan agama. Perihal mengurus perceraian dengan menggunakan buku nikah.

      Kalau buku nikah anda hilang tidak ada tidak bisa anda temukan, mintalah duplikat surat nikah ke kua dengan membawa surat keterangan dari desa dan surat kehilangan dari kepolisian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *