biaya nikah di KUA

Biaya Nikah di KUA

Nikahdikua.com – informasi biaya nikah di KUA berdasarkan aturan undang undang yang berlaku serta pengalaman para pengantin pada saat mengurus biaya pernikahan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Selamat datang di blog ini, saya rasa kondisi anda sedang happy karena akan melangsungkan pernikahan ataupun ada kalangan keluarga handai taulan yang akan nikah.

Disini akan di sampaikan informasi perihal biaya nikah di KUA secara resmi maupun kemungkinan biaya yang timbul akibat adanya mengurus pernikahan.

Misalnya biaya lain diluar ketentuan misalnya biaya penghulu, biaya mengurus berkas di kelurahan sampai dengan KUA.

Biaya Nikah di KUA

loading...

Pada dasarnya untuk biaya nikah di KUA terdiri dari dua macam yaitu yang berbayar maupun tidak berbayar alias gratis. Kenapa bisa terjadi dualisme pembayaran?

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2014. PP no 48 tahun 2014 berisi tentang jenis tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Agama bahwasanya;

  1. Nol rupiah bagi pengantin yang melaksanakan pernikahan pada jam kantor dan di KUA
  2. Rp. 600.000,- jika dilaksanakan diluar jam kerja atau diluar kantor.

Bagaimana jika melangsungkan pernikahan di KUA pada hari minggu atau libur misalnya?

Karena acara pencatatan pernikahan diluar jam kerja (hari libur – red) maka pihak pengantin tetap dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000,- yang dibayarkan ke negara melalui Bank yang di tunjuk atau kantor pos (bukan bayar ke KUA lho ya).

Setelah jelas tentang besaran biaya nikah di kua yang pungutannya resmi dan ada payung hukum, sekarang kita menganalisa biaya lain yang bisa ditimbulkan karena adanya mengurus pernikahan.

Kemungkinan Biaya Nikah di KUA diluar ketentuan hukum

Koq bisa ya ada biaya lain yang ditimbulkan padahal tidak ada payung hukum dan ketentuannya?

Baiklah, hal ini bisa dikarenakan, pertama adanya adat budaya pada masyarakat memberikan uang saku atau apalah namanya kepada petugas.

Kedua, karena pengantin atau pihak keluarga tidak mengurus surat surat kelengkapan nikah (yang paling sering formulir model N dari kelurahan), sehingga oleh yang mengurus dikenai charge uang lelah dan bensin untuk wira wiri.

Uang Saku penghulu nikah dirumah

Model-N3-Persetujuan-mempelai-perkawinan

Sebenarnya penghulu sudah mendapatkan uang transport dan jasa profesi pada saat mencatat atau menikahkan diluar kantor atau jam kerja sesuai dengan tipologi KUA. Adapun uang yang didapatkan oleh penghulu adalah sebagai berikut


Uang Jasa Profesi Penghulu

a. Tipologi A, Rp125,000,-
b. Tipologi B, Rp150,000,-
c. Tipologi C, Rp 175,000,-
d. Tipologi D1, Rp400,000-
e. Tipologi D2, Rp400,000,-

Uang Transport Penghulu

KUA Tipologi A, Rp. 100.000,-

KUA Tipologi B, Rp. 100.000,-

KUA Tipologi C, Rp. 100.000,-

KUA Tipologi D1, Maksimum Rp. 750.000,- dengan bukti kuitansi perjalanan atau tiket Perjalanan

KUA Tipologi D2, Maksimum Rp. 1000.000,- dengan bukti kuitansi perjalanan atau tiket Perjalanan. apa sih Tipologi KUA? untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada Tipologi Kantor Urusan Agama

Silakan dijumlahkan sendiri uang jasa profesi plus uang transportasi. untuk lebih detail tentang uang negara yang diberikan kepada penghulu berbentuk jasa profesi pencatatan nikah silakan baca Uang Jasa Profesi Penghulu

Akan tetapi di kalangan masyarakat adakalanya masih tetap memberikan amplop bagi penghulu yang datang untuk mencatat peristiwa pernikahan (bahasa awam nya naib yang mengijabi).

Atau ada juga penghulu yang bertindak diluar koridor hukum yang mengakibatkan tuan rumah walimahan mengeluarkan biaya diluar ketentuan yang ada.

Berapa besarannya? Karena hal ini tidak ada patokan, bisa 50 ribu, 100 ribu, 500 ribu tergantung wilayah atau penghulu. Tapi masih banyak penghulu yang baik hati dengan menolak amplop tersebut karena memang bisa masuk kategori gratifikasi.

Biaya Mengurus Formulir Model N

Banyak pengantin yang domisilinya diluar kota ataupun pekerjaan menyita waktu sehingga lebih suka menyerahkan urusan tersebut ke orang yang biasa mengurusi pernikahan.

Pihak yang sering membantu mengurus umumnya adalah mantan P3N, pegawai kelurahan atau desa (dulu modin) atau perorangan yang terjun pelayanan jasa mengurus persyaratan pernikahan.

Biayanya berapa? Karena bersifat partikelir dan tidak ada payung hukum ya biayanya tergantung pasaran pada masyarakat disitu, bisa seratus, dua ratus ribu setengah juta, tidak ada patokan yang pasti.

Apakah ini melanggar hukum? Kita lihat situasinya, jika perangkat desa, normalnya petugas didatangi calon pengantin dengan membawa berkas kelengkapan (Fotocopy KTP Calon mempelai, kedua orang tua, Fotocopy KK, surat pengantar dari RT RW). Kemudian petugas membuatkan surat dimaksud dan diserahkan kepada yang mengurusnya maka seharusnya tidak ada biaya.

Tapi jika anda datang ke rumah atau ketemu dimana kemudian minta tolong pasrah diuruskan surat dan tau bersih sudah di daftarkan di KUA, maka logis jika anda memberi uang lelah dan ganti bensin. Besaran biayanya berapa? Ya itu tergantung keumuman disitu.

Kesimpulan

Pertama, Pada dasarnya jika anda mengurus nikah sendiri tanpa dibantu calo atau biro jasa, biaya resmi yang dikenakan adalah ;

Rp. 600.000,- dirumah diluar dan atau diluar jam kerja
Rp. 0,- (gratis) di KUA dan pada jam kerja.

Kedua, penghulu pada dasarnya sudah dibayar negara pada saat melaksanakan pencatatan perkawinan di rumah atau diluar jam kerja.

Ketiga, harap dimaklumi jika anda mengeluarkan biaya jika minta tolong orang lain dalam mengurus berkas pernikahan sampai dengan pendaftaran perkawinan.

Demikian informasi valid tentang biaya nikah di KUA dengan undang undang sebagai dasar biaya pernikahan.

loading...

8 komentar untuk “Biaya Nikah di KUA”

  1. Ping-kembali: Saksi Nikah - nikah di KUA

  2. Ping-kembali: Cara Mengurus Surat Cerai Mati - nikah di KUA

  3. Ping-kembali: ketentuan foto surat nikah warna back ground model pakaian dan ukuran

  4. Ping-kembali: Syarat nikah KUA dan persyaratan yang harus dilengkapi 2019 - nikah di KUA

  5. Ping-kembali: CARA NIKAH JANDA DUDA DI KUA BESERTA SYARAT - nikah di KUA

  6. Ping-kembali: Ketentuan Pakaian Baju Nikah di KUA - nikah di KUA

  7. Ping-kembali: Seserahan pernikahan yang umum diberikan - nikah di KUA

  8. Ping-kembali: Hantaran Pernikahan yang lazim diberikan calon suami kepada mempelai wanita - nikah di KUA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *