Ganti Buku nikah yang rusak dengan duplikat harus ada surat permohonan

buku nikah rusak

nikahdikua.com – keterangan dan informasi tentang meminta duplikat buku nikah karena rusak beserta syarat dan ketentuan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama terbaru tahun 2018 perihal pencatatan perkawinan.

Baca :

Pengertian Buku nikah rusak

Yang dimaksud dengan buku nikah rusak yaitu adanya bagian baik tulisan maupun lembaran asli atau bagian dari buku nikah (foto misalnya) yang hilang sobek tidak dapat terbaca sehingga tidak dapat lagi dipergunakan untuk keperluan administrasi, akan tetapi secara fisik buku tersebut masih ada.

Contoh buku nikah yang rusak :

  • Tulisan sudah hilang tidak dapat dibaca
  • Ada lembaran yang lepas hilang sobek ataupun terbakar bahkan dimakan rayap maupun ngengat
  • Terendam air karena banjir ketrocohan air hujan sehingga fisik buku nikah sudah tidak bisa untuk dipergunakan dalam kegiatan administrasi negara

Penyebab buku nikah rusak

loading...

Ada beberapa macam penyebab buku nikah menjadi rusak tidak dapat dipergunakan, misalnya :

  • Disobek-sobek pada saat berantem
  • Di buat mainan anak sehingga rusak
  • Terkena banjir
  • Terbakar sebagian
  • Di corat coret ada data yang diubah secara sengaja oleh pihak yang tidak berwenang
  • Dimakan rayap
  • Dikrikiti tikus dan lain sebagainya.

Bisa jadi penyebab lain yang mengakibatkan rusaknya buku nikah. Namanya juga rusak, bisa macam macamlah penyebabnya.

Perbedaan rusak dengan hilang pada buku nikah

perbedaan buku nikah rusak dan hilangPada buku nikah terdapat perbedaan dimana disebut dengan hilang dan rusak. Salah satu titik poin suatu buku nikah disebut rusak yaitu adanya keberadaan fisik atau sisa buku yang masih diketemukan. Misalnya cover atau sebagian dari buku nikah.

Sedangkan buku nikah disebut dengan hilang maka tidak ada sisa lagi dari buku tersebut. Entah karena memang lenyap atau habis terbakar tanpa sisa.

Perbedaan yang lain adalah permintaan penggantian buku nikah dengan penerbitan duplikat buku nikah yaitu jika kehilangan maka harus dilampirkan surat kehilangan dari kepolisian.

Sedangkan buku yang rusak tidak memerlukan keterangan kehilangan, akan tetapi dengan mengajukan permohonan.

Syarat Permohonan penggantian buku nikah karena rusak

syarat ganti buku nikahSeperti disampaikan diatas bahwa guna meminta penerbitan duplikat akta perkawinan maka yang perlu dilakukan yaitu mendatangi KUA tempat anda melangsungkan pernikahan dikala itu dengan membawa :

  1. Surat Permohonan
  2. Sisa Buku Nikah yang akan dimintakan ganti

Bisa jadi ada beberapa KUA yang meminta syarat tambahan guna pengajuan, misalnya pengantar dari kelurahan atau apalah. Akan tetapi dalam PMA disebutkan hanya 2 syarat diatas untuk penggantian buku nikah yang rusak.

Contoh Permohonan Penggantian Buku Nikah

Secara resmi tidak ada contoh yang dibuat oleh instansi resmi dalam hal ini Kemenag. Dengan begitu diperlukan inisiatif pribadi dalam pengajuannya. Saat ini ada sampel yang bisa di download guna pengajuan dimaksud. Didalamnya termuat permohonan kemudian nama suami istri serta tanggal pernikahan dan nomor akta. Silakan meluncur untuk download.

Download contoh permohonan penggantian buku nikah karena rusak

Demikian perihal tata cara dan syarat mengganti buku nikah yang rusak yang didasarkan pada PMA nomor 19 tahun 2018 Bab XIII tentang Penerbityan Duplikat Pencatatan Perkawinan Pasal 35 ayat (3) yang berbunyi :

Penerbitan duplikat Buku Pencatatan Perkawinan karena kerusakan didasarkan surat permohonan yang bersangkutan disertai buku pencatatan perkawinan asli.

mengurus buku nikah rusak

3782total visits,9visits today

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*