Nikah di KUA Hari Sabtu Minggu Libur Tanggal Merah

nikahdikua.com – Informasi bagi pasangan calon pengantin yang menghendaki ijab atau nikah di KUA pada hari sabtu minggu maupun libur tanggal merah, berdasarkan aturan dan ketentuan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 19 tahun 2018 dan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR DJ.III/ 600 TAHUN 2016

Baca :
Syarat nikah Gratis di KUA
Biaya Nikah Dirumah dan Uang Penghulu Ijab luar Kantor
Tahapan Pencatatan Nikah

untuk lebih detil mengenai mempelai yang berencana melaksanakan perkawinan maka aturan dan ketentuannya adalah sebagai berikut :

Bisa dilakukan selama mendapat persetujuan Kepala KUA atau Penghulu

ijab-kabul-di-KUA-hari-sabtu-minggu-libur-tanggal-merah

loading...

Hukum asal dari pernikahan adalah dilaksanakan pada Balai Nikah KUA dana di Hari Kerja. Akan tetapi ada tulisan tambahan bahwasanya pelaksanaan nikah bisa dilakukan diluar kantor atau jam kerja dengan persetujuan penghulu.

Aturan ini terdapat pada PMA no 19 Tahun 2018 Bagian Ketiga mengenai Tempat Akad.
Pada pasal 15 ayat (2) disebutkan bahwa “Atas permintaan calon pengantin, akad dapat dilaksanakan di luar KUA Kecamatan atau di luar hari dan jam kerja.”

Dengan demikian maka kesimpulan pelaksanaan perkawinan pada hari sabtu di KUA adalah BISA.

Dilaksanakan di Balai Nikah KUA

Lokasi pelaksanaan perkawinan tentunya berada pada lokasi pernikahan yang biasa dilakukan oleh para pengantin di Kantor Urusan Agama. Tempat pelaksaan ijab kabul ini disebut dengan Balai Nikah.

Bagaimana kalo tempatnya di geser kemana gitu sesuai dengan keinginan orang tua atau penganten? Ya silakan di koordinasikan dengan Kepala KUA atau Penghulu yang nanti melaksanakan pencatatan perkawinan.

Bayar Biaya Nikah Rp. 600.000,-

ijab-kua-hari-liburLho katanya nikah di KUA itu Rp. 0,- alias gratis tidak bayar. Kok ini kena charge enam ratus ribu?

Merujuk kepada Keputusan Dirjen Bimas Islam No DJ.III/66 tahun 2016 bahwasanya nikah dengan biaya nol rupiah adalah dilaksanakan di KUA dan pada Jam kerja.

Pernikahan pada hari sabtu minggu atau tanggal merah hari libur merupakan perkawinan yang dilakukan diluar jam kantor.  Dengan demikian maka tetap kena biaya Rp. 600.000,-

Hal ini dikuatkan juga dalam sk dirjen tersebut dalam BAB IV tentang mekanisme penerimaan pencairan dan penggunaan, pada huruf c (c kecil) disebutkan bahwa “Nikah di Kantor Urusan Agama pada hari libur dan di luar jam kerja dikenakan tarif nikah luar Kantor Urusan Agama yaitu Rp600.000,00 (enam ratus ribu rupiah).

Kesimpulan

PMA tentang pendaftaran kehendak nikahDari peraturan peraturan diatas bahwasanya dapat disimpulkan bagi calon mempelai hendak nikah di KUA pada hari sabtu atau minggu maupun hari libur tanggal merah :

  1. Bisa dilaksanakan dengan persetujuan Kepala KUA atau Penghulu
  2. Dilakukan di Balai Nikah
  3. Membayar biaya perkawinan Rp. 600.000,-

Tentunya hal diatas bisa dilaksanakan dengan ketentuan bahwa syarat pendaftaran nikah telah lengkap dan memenuhi syarat dalam pelaksanaan pernikahan sekaligus pencatatannya.

2812total visits,2visits today

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*