Uang Jaspro Penghulu Berdasarkan Tipologi KUA beserta transport

uang jasa profesi penghulu dan transport

Nikahdikua.com – Informasi uang jasa Profesi Petugas Pencatat nikah ( Jaspro Penghulu ) pada Kantor Urusan Agama berdasarkan tipologi KUA beserta keterangan aturan nominal uang transportasi berdasarkan pada KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM NOMOR DJ.III/ 600 TAHUN 2016 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK ATAS BIAYA NIKAH ATAU RUJUK DI LUAR KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN

Seperti diketahui bahwasanya saat ini peraturan tentang biaya nikah ada dua macam yaitu :

  1. Nol rupiah alias gratis
  2. Rp. 600.000,-

Untuk biaya nol rupiah alias gratis tersebut mempunyai ketentuan berlaku yaitu dilaksanakan pada hari kerja dan di balai nikah KUA.

Sedangkan biaya sejumlah Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) apabila pelaksanaan ijab dilakukan diluar kantor atau diluar jam kerja ataupun kombinasi keduanya. Misalnya akad nikah ijab kabul dilaksanakan dirumah, dihotel atau pada hari Sabtu maupun Minggu.

loading...

Baca :

Ada catatan bahwasanya pernikahan pada hari sabtu minggu gratis ataupun dirumah bisa gratis dengan syarat melampirkan surat keterangan miskin dari kelurahan. (ini adalah hal yang sangat jarang terjadi).

Bagaimana dengan biaya penghulu atau petugas KUA yang melaksanakan pencatatan nikah? Perlukah tuan rumah memberikan biaya tambahan selain biaya nikah sebesar 600 ribu?

kisah penghulu dan ijab bedolPada prinsipnya tidak ada lagi biaya tambahan diluar uang yang di transfer ke Bank yang ditunjuk. Dari uang sebanyak tersebut nantinya akan ada yang dialokasikan kepada petugas yang dalam hal ini Kepala KUA ataupun penghulu.

Jasa Profesi Petugas Pencatat Nikah ( Jaspro Penghulu )

Berikut adalah uang yang di transfer kepada kepala KUA atau Penghulu setiap peristiwa nikah bedol / yang berbiaya Rp. 600.000,-

Jasa Profesi Penghulu setiap nikah luar kantor/jam kerja.

Ada dua komponen uang yang diberikan kepada petugas yang hadir dalam pernikahan luar kantor atau jam kerja. Kedua komponen tersebut adalah

  1. Jasa Profesi
  2. Uang Transportasi.

Ada 5 macam tipologi KUA yang menjadikan adanya perbedaan uang jasa profesi didasarkan tipologi tempat tugas. Berikut nominalnya :

a. Tipologi A, Rp125,000,-
b. Tipologi B, Rp150,000,-
c. Tipologi C, Rp 175,000,-
d. Tipologi D1, Rp400,000-
e. Tipologi D2, Rp400,000,-

Uang Transport Penghulu

gagal menikah karena jarak yang jauh
jarak yang jauh

Adapun jumlah uang transport berdasarkan tipologi nya yaitu :

  1. KUA Tipologi A, Rp. 100.000,-
  2. KUA Tipologi B, Rp. 100.000,-
  3. KUA Tipologi C, Rp. 100.000,-
  4. KUA Tipologi D1, Maksimum Rp. 750.000,- dengan bukti kuitansi perjalanan atau tiket Perjalanan
  5. KUA Tipologi D2, Maksimum Rp. 1000.000,- dengan bukti kuitansi perjalanan atau tiket Perjalanan

Catatan : untuk KUA Tipologi A, B, dan C, bisa mendapatkan uang transport lebih dari Rp. 100.000,- jika biaya perjalanan lebih dari Rp. 100.000,- dengan melampirkan bukti pengeluaran riil yang dapat dipertanggungjawabkan
Dengan begitu, take home pay penghulu atau Kepala KUA maupun petugas dalam sekali pernikahan luar adalah uang transport plus uang jasa profesi.

Misalnya, penghulu KUA Tipologi A melaksanakan pencatatan nikah luar kantor 1 kali, maka uang yang didapatkan adalah Jasa Profesi = 125.000,- ditambah uang transport Rp. 100.00,- = Rp. 225.000,-. dan seterusnya.

Demikian semoga menambah wawasan. Salam.surat rekomendasi perkawinan

2128total visits,1visits today

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*