nikah dirumah

Nikah di rumah dan Biaya penghulu ijab diluar kantor

nikahdikua.com – nikah di rumah dan biaya mengundang penghulu. Pernikahan merupakan momen yang sakral. Biasanya disertai dengan pesta perkawinan atau perayaan yang meriah dan adakalanya mewah. Kegiatan perayaan bagi bersatunya dua hati dalam ikatan yang resmi sakral dan diakui oleh negara ini lumrah dilakukan di rumah atau gedung maupun hotel.

Diluar kegiatan pesta ini, ada satu momen yang lebih penting yaitu akad ijab kabul. Di Indonesia ada peraturan menyangkut lokasi pelaksanaan akad. Hal ini tertuang dalam PMA Republik Indonesia.

Baca :

Dalam peraturan menteri agama diatur mengenai kegiatan ijab kabul. Secara umum lokasi pelaksanaan ijab kabul dibagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. Ijab kabul di Kantor Urusan Agama (KUA) pada jam Kerja
  2. Ijab Kabul diluar KUA/Balai Nikah (dirumah, gedung dll).
loading...

biaya nikah dirumah mengundang penghuluAturan tersebut terdapat pada PMA bagian ketiga Pasal tentang tempat akad. Bunyi pasal tersebut yaitu :

(1) Tempat akad dilaksanakan di KUA Kecamatan pada hari dan jam kerja.
(2) Atas permintaan calon pengantin, akad dapat dilaksanakan di luar KUA Kecamatan atau di luar hari dan jam kerja.

Dari pasal diatas maka kesimpulan yang diambil adalah : 1. Pelaksanaan akad adalah di KUA pada jam dan hari Kerja. 2) Pengantin bisa meminta pelaksanaan akad nikah diluar KUA dan atau diluar jam dan hari kerja. Maksudnya bisa dilaksanakan di rumah, gedung maupun hotel. Sedangkan dimaksud dengan diluar hari dan jam kerja yaitu bisa meminta dilaksanakan pada hari sabtu maupun minggu atau diluar jam kerja misalnya jam 7 pagi atau jam 5 sore dengan persetujuan penghulu atau kepala KUA.

Cara meminta pernikahan dirumah atau diluar kantor.

mengundang penghulu ijab dirumahPada saat pendaftaran atau rafa’ (pemeriksaan calon pengantin), pihak calon mempelai memberitahukan bahwa pelaksanaan akad nikah dilakukan di rumah atau pada hari tertentu, misalnya hari sabtu atau minggu.

Selanjutnya petugas akan melihat jadwal tersedianya waktu untuk melakukan ijab bedol (istilah ijab diluar kantor). Jika waktu dan tenaga tersedia, umumnya permohonan nikah dirumah atau diluar kantor akan di acc atau dikabulkan.

Akan tetapi jika jadwal ijab sudah penuh maka pengantin akan diberitahukan kondisi dan melakukan penjadwalan ulang alias re schedule. Umumnya orang melaksanakan pernikahan menggunakan perhitungan hari baik maka sering terjadi pada hari tertentu jadwal nikah sangat padat.

Aturan terkait ijab diluar kantor (dirumah, gedung hotel dll)

uang transport penghuluPada pasal 16 tentang tempat akad, berikut ketentuan yang perlu disimak :

(1) Akad dilaksanakan dihadapan Kepala KUA Kecamatan atau Penghulu yang mewilayahi tempat akad dilaksanakan.
(2) Dalam hal pelaksanaan akad dilaksanakan di daerah terdalam,terluar, dan di daerah perbatasan, Kepala KUA Kecamatan dapat menugaskan P4.
(3) Akad yang dilaksanakan diluar tempat tinggal calon suami dan calon istri harus mendapatkan surat rekomendasi perkawinan dari Kepala KUA Kecamatan  atau Penghulu wilayah tempat tinggal masing-masing.
Kesimpulannya adalah yang melakukan pencatatan nikah adalah petugas KUA tempat pernikahan dilangsungkan.

(4) Untuk wilayah terluar, P4 bisa melakukan kegiatan pencatatan nikah

 Adanya rekomendasi perkawinan jika akad dilaksanakan diluar wilayah calon mempelai pria dan wanita. Rekomendasi ini dikeluarkan oleh Kepala KUA atau penghulu sesuai alamat KTP masing-masing. (umumnya surat rekomendasi menjadi satu pada saat pengajuan berkas pendaftaran nikah.

Biaya nikah dirumah dan uang saku mengundang penghulu

Perbedaan nikah di KUA dan jam kerja dengan akad yang dilaksanakan dirumah adalah biaya. Pembiayaan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2014 tentang jenis tarif pendapatan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Agama yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu :

  1. Nol rupiah jika dilaksanakan di balai nikah dan jam kerja KUA
  2. Rp. 600.000,- jika dilaksanakan diluar jam kerja atau dirumah.

Bagaimana dengan uang saku penghulu atau petugas yang mencatat nikah? Secara teknis penghulu atau kepala KUA yang mendatangi ijab kabul dirumah sudah mendapatkan uang saku dan jasa profesi yang diambilkan dari Rp. 600.000,-.

Dicontohkan pada salah satu kabupaten, bahwasanya setiap melaksanakan tugas pencatatan perkawinan diluar jam kerja atau luar kantor, seorang penghulu diberikan uang transport Rp. 100.000,- dan jasa profesi sebesar Rp. 175.000,-. Dengan begitu sekali ijabpan seorang penghulu mendapatkan uang Rp. 100.000+ Rp. 175.000,- = 275.000,-.

Dengan begitu secara teknis pembiayaan tuan rumah tidak perlu lagi memberikan uang tambahan sebagai uang saku untuk penghulu sebagai petugas yang menghadiri pernikahan.

Mekanisme pencairan jasa profesi dan uang transport penghulu.

Sebagai tambahan pengetahuan masyarakat, uang saku tersebut diberikan kepada petugas melalui proses. Jadi tidak diberikan serta merta sesaat sebelum maupun sesudah akad nikah. Proses yang umum terjadi adalah pegawai atau ASN KUA melakukan rekap akhir bulan tentang pernikahan dan membagi antara ijab kantor dan bedolan/luar kantor, kemudian distribusi pelaksana ijab. Selesai rekap dan validasi data selanjutnya disetorkan kepada Kantor Kementerian Agama Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam).

Kemudian petugas pada seksi Bimas Islam melakukan pencairan dana kepada masing masing petugas sesuai jumlah ijab/data yang disetorkan ke rekening masing-masing penghulu.

Bagaimana jika ada petugas meminta biaya tambahan karena beralasan belum mendapatkan uang transport atau jasa profesi? Secara teknis petugas tersebut melanggar aturan.

Bagaimana jika anda ikhlas memberi uang saku kepada petugas? Sebagai rasa terima kasih umpamanya. Entahlah untuk kasus ini, tapi ngeri saja nanti kalau ada yang tidak suka kepada anda dan melaporkan anda telah melakukan perbuatan gratifikasi.
loading...

2 komentar untuk “Nikah di rumah dan Biaya penghulu ijab diluar kantor”

  1. Ping-kembali: Sekarang Daftar Nikah harus ada surat rekomendasi Perkawinan dari KUA, ini dasarnya - nikah di KUA

  2. Ping-kembali: Kisah Penghulu dan laporan Ijab Luar Kantor Bedolan - nikah di KUA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *