Ijab Kabul Bahasa Jawa

pemberitahuan kehendak nikah
pemberitahuan kehendak nikah

Ijab Kabul Bahasa Jawa
Contoh ijab qobul menggunakan Bahasa Jawa disertai dengan terjemah secara Bahasa Indonesia. Contoh ini dibuat oleh salah satu kepala KUA di Provinsi Jawa Tengah yang bisa dimengerti secara mudah oleh mereka yang menggunakan bahasa Jawa di area Yogyakarta maupun Surakarta. Pun begitu tidak menutup kemungkinan bagi daerah lain untuk menggunakan ijab kabul versi bahasa Jawa ini.

ijab kabul bahasa jawa
(c) MUHAMAD ADI MAULANA

Dalam ijab qabul berbahasa Jawa ini, adalah pernikahan dengan wali ayah kandung calon mempelai wanita. Menggunakan bahasa tengah untuk wali nikah dan kromo inggil dalam melakukan penerimaan atau qobul dari calon pengantin laki-laki.

Baca :

Tips mengucapkan ijab berbahasa Jawa

Biasanya ijab kabul dilakukan didepan orang banyak atau khalayak ramai yang menjadi tamu undangan dalam acara walimahan. Tentunya tuan rumah tidak ingin malu dan merusak suasana karena kesalahan dalam mengucapkan ikrar ijab kabul dalam bahasa Jawa. Berikut beberapa hal yang perlu untuk dilakukan.

Melakukan latihan ijab kabul bahasa Jawa

loading...

Walaupun nampaknya mudah diucapkan, akan tetapi demi kelancaran dan sukses dalam prosesi ijab kabul berbahasa jawa ini sebaiknya wali nikah untuk melakukan gladi bersih atau latihan dalam melaksanakan ijab.
Begitu juga dalam kabul dari pihak calon mempelai pria, walaupun pendek tetaplah sangat dianjurkan untuk berlatih menerima / qobul nikah bahasa jawa.
Sangat keras disarankan bagi wali untuk menghafal maskawin atau mahar dari pihak laki laki guna kelancaran dalam melaksanakan ucap ijab.

ijab kabul menggunakan bahasa jawa
(c) MUHAMAD ADI MAULANA

Persiapan mental guna melaksanakan ijab kabul bahasa Jawa

Walaupun hanya bebebrapa kalimat dan tidak melebihi waktu 1 menit dalam pengucapan, diperlukan persiapan mental guna melakukannya. Cara mempersiapkan mental adalah menguasai materi alias ijab kabul tersebut, selanjutnya pada saat acara terjadi, berkonsentrasilah dengan apa yang diucapkan oleh wali nikah.

Contoh Ijab Kabul dalam Bahasa Jawa

ANAK MAS …………………………………..
KANTHI NGUCAP BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, AKU NIKAHAKE LAN TAK JODOHAKE ANAKKU ………………………………………………………. PIKANTUK SILARAMU, KANTI MAS KAWIN …………………………………………………… INGKANG KUDU KABAYAR LUNAS.

Artinya

KALIMAT IJAB (WALI)

ANANDA ………………………………………………….
DENGAN MENGUCAP BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, DENGAN INI SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ANAK PEREMPUAN SAYA ………… …………………………. DENGAN ENGKAU DENGAN MAS KAWIN BERUPA ……………………………………………………………. DIBAYAR TUNAI.

KULO TAMPI NIKAHIPUN …………………….……………………………………….. PUTERO PANJENGENAN, KANGGE KULO PIYAMBAK, KANTI MAS KAWIN INGKANG SAMPUN KASEBAT, KULO BAYAR LUNAS.

Artinya

QABUL (MEPELAI PRIA)

YA, SAYA TERIMA NIKAH DAN KAWINNYA ………………………………… ANAK BAPAK………………………………………….. UNTUK DIRI SAYA DENGAN MAS KAWIN YANG TERSEBUT SAYA BAYAR TUNAI.

Demikianlah salah satu contoh teks ijab kabul dalam berbahasa jawa. Semoga menambah khazanah kelilmuan bagi para pembaca yang budiman.
Salam.

8822total visits,2visits today

4 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Penghulu Boleh Tanda Tangan Rekomendasi Perkawinan, Ini Dasarnya - nikah di KUA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*