Pengumuman Kehendak Nikah oleh KUA aturan dan ketentuan

Tata cara pelaksanaan pengumuman kehendak nikah yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama di Jawa serta ketentuan di luar Pulau Jawa.
Merupakan salah satu proses dalam pelaksanaan kegiatan pernikahan. Kewajiban ini dilakukan oleh pihak Kantor Urusan Agama tempat prosesi pernikahan dilakukan. Ada perbedaan dalam lokasi pengumuman untuk wilayah pulau Jawa dengan yang lain.

Aturan dan Ketentuan Pengumuman Kehendak Nikah

Ternyata pada buku pedoman untuk PPN terbitan dari Departemen Agama yang namanya sekarang menjadi Kementerian Agama, bahwasanya tempat pengumuman bukan hanya pada KUA tempat pernikahan dilaksanakan.
Adapun ketentuan terkait pengumuman kehendak nikah adalah sebagai berikut :

  1. Oleh PPN di KUA Kecamatan tempat pernikahan akan dilangsungkan serta pada KUA Kecamatan tempat tinggal masing-masing calon mempelai.
  2. Oleh Pembantu PPN di luar Jawa pada lokasi serta tempat yang mudah diketahui oleh umum.

pemberitahuan kehendak nikahPada dasarnya, pembantu PPN dilarang untuk melaksanakan akad nikah calon pengantin apabila belum melewati sepuluh hari kerja sejak pengumuman.
Pengecualian jika seperti yang diatur dalam pasal 3 ayat (3) PP No. 9 tahun 1975 yaitu :

Apabila terdapat alasan yang sangat penting. Contohnya salah seorang calon pengantin akan segera bertugas ke luar negeri, dengan kondisi begitu dimungkinkan yang bersangkutan memohon dispensasi nikah.

Dispensasi nikah ini dimohonkan kepada Camat wilayah tempat berlangsung akad nikah, selanjutnya Camat atas nama Bupati memberikan dispensasi pernikahan.

Baca :

Aturan Wali Hakim dalam pernikahan di Indonesia

Aturan Nikah Gratis di KUA

Dalam kesempatan 10 hari sebelum ijab qobul dilaksanakan, sebaiknya calon mempelai baik dari pihak pria dan wanita untuk mendapatkan nasihat pengarahan dari BP4 setempat.

Kenyataan di Lapangan tentang Pengumuman Kehendak nikah

Biasanya pengumuman kehendak nikah yang dilakukan pada KUA waktunya mepet dengan pernikahan. Alias bahwa pengumuman terkait kehendak nikah baru dituliskan tidak lebih dari 10 hari pelaksanaan nikah.

Walaupun secara teknis pendaftaran telah dilakukan, akan tetapi karena keterbatasan pegawai dan pemeriksaan pengantin yang molor menjadikan pemasangan pengumuman menjadi molor dan kurang dari 10 hari pelaksanaan pernikahan.

Pengumuman Kehendak nikah di KUA domisili Pria

Yang lain adalah disebutkan bahwa pengumuman dilaksanakan pada KUA tempat domisili pengantin. Sampai saat ini saya belum pernah melihat adanya pengumuman mempelai pria berdomisili yang di umumkan oleh KUA.

ilustrasi calon mempelai wanita (c) Faizal Riza

Apalagi saat ini rekomendasi dari Kantor KUA pada saat ini bukan merupakan suatu hal yang wajib dilampirkan. Padahal jika rekomendasi tersebut tidak wajib menjadikan ketidaktahuan KUA domisili catin laki tentang pernikahan seorang pria di kecamatan lain.

Pengumuman Kehendak Nikah secara online

Berdasarkan buku pedoman yang ada, kehendak nikah belum mengatur pengumuman secara online atau lewat media sosial. Padahal saat ini media sosial termasuk efektif sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat.

Jika memang nantinya pengumuman kehendak nikah dilakukan secara online, maka perangkat yang diperlukan adalah domain resmi suatu KUA serta akun resmi yang telah diverifikasi sebagai sarana komunikasi Kantor KUA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *