Surat Numpang Nikah cara mengurus dan alur urutan

Surat Numpang Nikah, Cara mengurus Dan Alur membuat rekomendasi numpang nikah
Nikahdikua.blogspot.co.id Selamat pagi para calon mempelai, selamat semoga lancar dalam mengurus segala sesuatu terkait perencanaan pernikahan. Baik rencana tempat, undangan ataupun hidangan katering atau hiburan yang disajikan. Entah Hadrah, dangdut live show, rebana, nasyid, campursari wayang dan macam ragam hiburan yang ada.
Baca :
Diluar adat kebiasaan orang dalam melaksanakan hajatan perkawinan, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi guna dicatat secara legal oleh negara yang dalam hal ini adalah Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama. 

Cara mengurus pelaksanaan nikah beda provinsi Kabupaten

Umumnya pelaksanaan hajatan pernikahan atau acara ijab qobul dilaksanakan di rumah atau gedung pada area KTP tempat mempelai wanita. Akan tetapi adakalanya karena satu dan lain hal akhirnya dilakukan pada wilayah yang berbeda dengan alamat KTP baik calon pengantin pria ataupun dari pihak calon mempelai wanita.
Contohnya, alamat KTP calon pengantin perempuan berasal dari Cilangkap Kecamatan Cipayung Jakarta Timur, dan Pihak laki laki pada kolom KTP beralamat di Perum Villa Tangerang Indah Blok HB4 Sangiang Tangerang.
Padahal karena sudah pindah kerja atau alasan yang lain, mempelai bersepakat untuk melaksanakan pernikahan di Parakan Temanggung Jawa Tengah.
Dari kasus diatas diambil kesimpulan sebagai berikut :
  • Asal calon pengantin wanita : Jakarta
  • Asal calon pengantin pria : Banten
  • Lokasi ijab qabul : Jawa Tengah

Apakah bisa dilaksanakan pernikahan di wilayah Jawa Tersebut? Jawabnya adalah bisa. Langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut :
Masing masing calon pengantin (pria/wanita) mengurus surat surat dibawah ini sesuai dengan wilayah KTP masing masing yang alurnya sebagai berikut :
  1. Mendatangi RT dan RW untuk mendapatkan surat pengantar kehendak nikah
  2. Datang ke Kantor Desa/kelurahan (dengan membawa surat pengantar RT/RW) untuk mengurus surat Model N1 (surat Keterangan Untuk Nikah), N2 ( Surat Keterangan asal usul), N3( Surat Persetujuan Mempelai), N4( Surat Keterangan orang Tua), N5 (Surat Izin Orang Tua jika diperlukan/calon pengantin belum mencapai umur 21), N6 (Surat Keterangan Kematian Suami/Istri/ jika diperlukan/calon pengantin adalah janda/duda mati) 
  3. Datang ke puskesmas guna pemeriksaan dan mendapatkan suntik TT dll guna persyaratan pernikahan (bisa dilakukan di puskesmas setempat atau nanti di puskesmas wilayah kecamatan tempat melangsungkan pernikahan)
  4. Datang  ke KUA membawa berkas N1, N2, N3, N4, N5 (jika diperlukan), N6 (jika diperlukan) untuk dibuatkan surat rekomendasi nikah yang ditujukan kepada KUA tempat melangsungkan  pernikahan.
  5. Setelah selesai dibuatkan surat numpang nikah atau rekomendasi numpang nikah, silakan pulang dan melengkapi syarat pernikahan (misal, FC KTP, FC KK, pas foto berwarna, N1 (, N2, N3, N4, N5 (jika diperlukan), N6 (jika diperlukan) guna dibawa ke Kantor Urusan Agama tempat anda melangsungkan pernikahan.

Biaya Surat Numpang Nikah pembuatan rekomendasi nikah

Sepanjang yang diketahui, tidak ada peraturan terkait biaya dalam permohonan atau pengeluaran surat numpang nikah. Secara teknis tidak ada biaya yang dikenakan kepada perorangan pemohon surat numpang nikah ini. Jika ada orang dari Kantor Urusan Agama yang menarik biaya terkait mengeluarkan rekomendasi numpang nikah maka dipastikan hal tersebut tidak dibenarkan.
Lain halnya jika terjadi di kelurahan atau desa, adakalanya terdapat peraturan desa yang memungut biaya untuk mengurus hal terkait surat menyurat dalam pernikahan. Bisa jadi terdapat Perdes (peraturan desa) yang mencantumkan biaya guna mengurus surat kehendak nikah.
Demikian semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan ditulis pada kolom komentar. Saya usahakan untuk menjawab dengan segera apa yang ingin anda ketahui.

6709total visits,3visits today

5 Komentar

  1. saya david di lampung barat, karena rt dan rw belom punya cap maka saya langsung menuju pak juru tulis (jurtul) desa. namun sedikit kecewa saya alami bahwa pak kepala desa dan pak jurtul tidak mengurus surat menyurat tentang nikah. dalam hal ini saya di kasih solusi yang kayaknya tidak masuk akal. saya di suruh mengurus lewat P3N karena medan di lampung barat masih banyak yg membutuhkan adanya pembantu PPN. namun saya kurang yakin dengan adanya berita yg kurang mengindahkan keilmuan saya. saya menuju kepala desa ternyata jawaban sama yang saya peroleh semua NA kalu mau bikin kudu lewat P3N. akhirnya saya menuju P3N berharap akan selesai urusan penyuratan pernikahan saya. bagaimana tanggapan anda dengan wilayah saya?

    • Bisa jadi karena yang punya form blanko mulai dari N1-N4 adalah P3N sehingga pihak desa tidak bisa langsung mengeksekusi persuratan dari desa. Tanggapan saya? Semoga pelayanan di wilayah anda bisa segera ditingkatkan. Karena saya pribadi tidak tahu bagaimana kondisi kantor desa tempat anda. Biasanya di KUA ada blanko lengkap form dari N1-N4 dan yg lain. Mungkin untuk kehati-hatian pihak desa sehingga urusan surat yg ditandatangani kepala desa harus lewat p3n.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*