SYARAT NIKAH GRATIS DI KUA 2018 2019 2020

Syarat dan ketentuan nikah gratis biaya Rp. 0,- di KUA Kantor Urusan Agama serta
Salah satu fase kehidupan yang termasuk penting bagi manusia pada umumnya adalah pernikahan. Pernikahan merupakan ikatan sakral bagi insan yang beradab dan percaya dengan adanya Allah Tuhan Yang Maha Esa.
Di Indonesia, institusi yang ditunjuk untuk melegalkan pernikahan bagi kalangan beragama Islam adalah Kantor Urusan Agama (KUA). Pada kantor ini dilakukan proses pendaftaran, pengecekan syarat dan ketentuan serta pencatatan pernikahan dan selanjutnya diterbitkan surat nikah sebagai bukti keabsahan pernikahan yang diakui secara administrasi negara.

Apakah nikah di KUA gratis

Pada tahun 2014 sekitar pertengahan tahun, terjadi huru hara di kalangan penghulu dan pegawai KUA terkait dikasuskannya salah seorang yang bekerja di KUA dengan alasan menerima gratifikai.
Selanjutnya karena adanya itu, kemudian di godoklah sebuah aturan terkait biaya pernikahan bagi pengantin sehingga bisa di minimalisir perilaku gratifikasi dari masyarakat kepada petugas KUA, atau bisa jadi tarikan diluar hal yang di legalkan.
Dengan adanya aturan dimaksud, disitu tercantum ketentuan tentang biaya nikah Rp. 0,- dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sehingga benar dikatakan kalau biaya nikah di KUA adalah gratis, akan tetapi dengan persyaratan tertentu seperti yang akan disampaikan di bawah nanti.

Aturan Nikah Gratis di KUA PP no 48 tahun 2014

Pada bulan juli tahun 2014, presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2014. PP no 48 tahun 2014 berisi tentang jenis tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Agama. Di dalam PP tersebut mengatur tentang dua kelompok tarif nikah
  1. Nol rupiah bagi pengantin yang melaksanakan pernikahan pada jam kantor dan di KUA
  2. Rp. 600.000,- jika dilaksanakan diluar jam kerja atau diluar kantor.

Peraturan ini efektif mulai diberlakukan pada tanggal 7 Juli tahun 2014. Menurut Wagimun (ketua asosiasi penghulu di kala itu), peraturan ini merupakan berkah ramadhan serta apresiasi kepada pihak kemenag yang berkomitmen menyelamatkan wibawa penghulu dari gratifikasi dan melakukan pencegahan penghulu melakukan pungli.
syarat nikah gratis di KUA

Persyaratan nikah gratis di KUA

Seperti disampaikan diatas bahwasanya ada dua macam kategori kelompok tarif nikah, yaitu nol rupiah dan Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). adapun bagi yang menginginkan nikah gratis, secara umum ada 2 syarat yang diperlukan dan ada 1 syarat khusus pengecualian. Syarat nikah gratis adalah :
  1. Dilakukan pada jam kerja penghulu
  2. Dilaksanakan di balai nikah Kantor Urusan Agama (Kantor KUA)
  3. Bisa dilaksanakan gratis pada jam luar penghulu atau diluar kantor dengan cara melampirkan surat keterangan miskin dari kelurahan

Sedangkan kelompok nikah yang membayar Rp. 600.000,- jika dilaksanakan salah satu atau keduanya dari 2 hal dibawah ini :
  1. Dilaksanakan diluar jam kerja penghulu
  2. Dilakukan di luar Balai Nikah Kantor Urusan Agama.

Itupun tetap terikat dengan ketentuan dimana aturan yang berbunyi pernikahan bisa dilaksanakan diluar KUA selama petugas menyetujui. (umumnya sih petugas setuju saja selama terjangkau lokasi dan waktu yang rasional).

Gambar Nikah Gratis di KUA

Berikut beberapa foto terkait pelaksanaan pernikahan di kantor urusan agama atau biasa di sebut dengan Balai Nikah kantor Urusan Agama. Akad nikah dilaksanakan pada hari dan jam kerja KUA atau penghulu dan bertempat pada Kantor KUA. Selamat menempuh hidup baru.
foto nikah gratis di KUA

gambar nikah gratis di KUA
loading...

ijab gratis di KUA

4315total visits,9visits today

loading...

4 thoughts on “SYARAT NIKAH GRATIS DI KUA 2018 2019 2020”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *