Cara legalisir buku nikah di KUA Kemenag

Cara legalisir buku nikah di KUA Kemenag
Cara dan langkah legalisir surat nikah pada KUA Kementerian Agama, langkah dan syarat yang dibawa.
Pada saat saya sedang mengunjungi rekan yang bekerja pada Kantor Urusan Agama, ada beberapa orang yang datang untuk meminta legalisir buku nikah. Setelah melalui proses pengecekan dan di beri stempel mengetahui dan nama kepala KUA, Fotocopy buku nikah tersebut kemudian ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dan selanjutnya dibubuhkan stempel atau cap dari KUA setempat.
legalisir surat nikah

Penggunaan legalisir Buku nikah atau surat Nikah di KUA

Dari beberapa pencari legalisir buku nikah di Kantor Urusan Agama, umumnya dipergunakan untuk memperoleh surat atau keperluan administrasi yang lain. Legalisir ini dibuat untuk memenuhi persyaratan yang diminta dinas atau perusahaan atau yang lain. Adapun hal yang lumrah dalam penggunaan legalisir buku nikah adalah sebagai berikut :
  • Mencari akta kelahiran anak
  • Mengurus BPJS
  • Memasukkan Tunjangan anak bagi PNS/TNI/Polri
  • Mengurus VISA pada sebagian Negara

Itulah beberapa hal yang sering terjadi bagi kedatangan para pemohon legalisir buku nikah.

Tata cara legalisir Buku Nikah Pada Kantor Urusan Agama

Dalam melakukan legalisir buku nikah, mestinya ada syarat dan ketentuan umum yang berlaku. Tidak serta merta atau ujug ujug fotocopy buku nikah langsung di bubuhkan tanda tangan dan cap stempel pada copy buku nikah.
Guna kemudahan dalam proses legalisasi copy buku nikah, maka hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah :
  • Asli Buku Nikah
  • Foto Copy Buku nikah (sejumlah yang diperlukan)

Yup. Hanya 2 (dua) hal diatas yang sebaiknya dipersiapkan bagi pemohon legalisir buku nikah.
Urutan mengurus legalisir buku nikah
Pada proses urutan permintaan elaglisasi copian buku nikah adalah sebaiagi berikut
  1. Pemohon datang ke KUA sambil membawa asli dan fotocopy buku nikah atau surat nikah
  2. Datang ke resepsionis atau menghadap ke pegawai KUA yang ada dan menyampaikan maksud
  3. Menyerahkan Copy dan menunjukkan asli buku Nikah kepada petugas KUA
  4. Petugas KUA melakukan penelitian dan verifikasi buku nikah ( umumnya dengan cara mencocokkan nomor seri buku nikah dengan catatan induk pernikahan pada KUA)
  5. Setelah cocok dan terdapat kesamaan buku nikah dengan catatan milik KUA serta diyakini kebenaran buku nikah tersebut, kemudian petugas KUA membubuhkan stempel mengetahui kepala KUA dan nama beserta nip nya. Kemudian menyerahkan kepada Kepala KUA untuk membubuhkan tanda tangan
  6. Selesai tanda tangan pejabat yang berwenang, maka fotocopy tersebut ditambahkan cap stempel KUA kemudian dicatat di buku tersendiri terkait permohonan legalisir surat nikah.

Selesai pencatatan, maka selesai sudah legalisir buku nikah dan selanjutnya fotocopy yang sudah dilegalkan bisa diserahkan kepada pemohon legalisir guna kepengurusan surat yang diperlukan.
mencari lelagilisir buku nikah

Waktu yang diperlukan untuk mengurus legalisir nikah

Pada dasarnya selama pejabat KUA yang berhak menandatangani fotocopy legalisir buku nikah berada di tempat, proses legalisir ini bisa berjalan cepat. Normalnya tidak lebih dari 15 menit. Akan tetapi karena Kepala KUA sering tugas luar (Ngijabi, rapat di Kecamatan, dan lain hal) maka hal ini yang sering membuat pelayanan legalisir tertunda.
Walaupun ada verifikasi dan pencocokan keaslian data, biasanya proses ini cepat karena arsip KUA yang tertata dengan rapi dan baik sehingga memudahkan petugas untuk melakukan dan mencari arsip pernikahan suatu pasangan (makanya kalo mencoba membuat buku nikah palsu, akan mudah ketahuan karena ada buku induk tempat penerbitan surat nikah)
Selain itu, sekedar catatan bahwasanya pelayanan Kantor Urusan Agama adalah 5 hari jam kerja atau hari Senin-Jumat. Pada hari senin sampai kamis, kantor buka mulai jam 07,30 WIB dan tutup pukul 16.00 (Jam 4 sore), Istirahat jam 12.00-13.00. khusus hari Jumat, pelayanan sampai jam setengah lima atau jam 16.30 WIB)

Biaya Legalisir buku nikah

Pelayanan administrasi dalam legalisir buku nikah ini adalah 0,- (nol rupiah). tidak ada biaya dalam pelayananannya. Kalau ada yang meminta biaya teruntuk pelayanan ini, jika anda tidak ikhlas memberi, silakan minta kuitansi bukti pembayaran. Kalau anda ikhlas memberi dan anda anggap uang terima kasih karena sudah dilegalisir (nyari file pernikahan lama dll) ya silakan saja. Akan tetapi pada intinya tidak ada biaya yang dibebankan pada pelayanan ini. Termasuk adanya kotak infak seikhlasnya pun seharusnya tidak ada.

Legalisir buku nikah antar kabupaten antar provinsi

Teruntuk legalisir buku nikah diluar pendaftaran buku nikah (tempat diterbitkan buku nikah), maka hal ini sebenarnya bisa dilakukan. Dan pada beberapa instansi cukup untuk memenuhi persyaratan yang diminta.
Contoh, buku nikah di terbitkan di Rembang Jawa Tengah, kemudian pemilik buku nikah merantau di Brebes Jawa Tengah. Jika legalisir ke Rembang maka dirasa akan sangat jauh. Solusinya adalah mendatangi KUA terdekat untuk di legalisir oleh pejabat setempat. Syarat dan ketentuan adalah sama diatas.
Perbedaaannya adalah kemungkinan legalisir agak lama selesai. Hal ini dipengaruhi oleh

  1. KUA setempat (pelegalisir) Tabayun ke Kantor Urusan Agama tempat surat nikah diterbitkan
  2. Staf atau Karyawan KUA tempat penerbitan nikah mencari arsip buku nikah tersebut
  3. KUA tempat penerbitan buku nikah memberitahukan keabsahan buku nikah dimaksud
  4. Proses penandatangan fotocopy buku nikah jika data dan fakta menunjukkan keaslian buku dimaksud.
Demikian terkait fotocopy buku nikah yang sudah di sahkan oleh pejabat KUA atau kepala sesuai dengan aslinya.
Selamat mengurus keperluan anda. Selamat pagi (nulisnya pas pagi hari hehe). 

5183total visits,5visits today

6 Komentar

  1. Permisi mas/mba, mohon pnjelasan dan bantuan nya… Bagai mana cara menyelsaikan urusan rumah tangga yg berpisah tanpa perceraian…
    Berpisah nya sudah selama 6 tahunan…
    Mohon pencerahan nya… Terimakasih.

    • Kalau mau menikah lagi ya harus punya surat atau akta cerai. Caranya datang ke pengadilan agama untuk mengurus perceraian. Kalau mau bersatu lagi silakan untuk melakukan pembicaraan boleh langsung atau mengutus perwakilan dari masing masing keluarga guna pembicaraan menyelesaikan masalah.

      • misi min , minta pencerahanya min, minta legalisit fotocopy buku nikah itu apa bisa di minta di KUA luar kota , karna domisili akubyg sekarang ini jauh dari KUA tempat duku saya menikah ???

        • Aturan PMA yang baru saat ini legalisir buku nikah harus di tempat yang mengeluarkan. Jadi legalisir anda harus di tempat dulu melangsungkan pernikahan. Kecuali KUA tersebut data nya sudah online. Saat ini sepertinya belum ada KUA yang data nya on-line. Demikian semoga menambah pengetahuan.

          • Coba aja telp kantor KUA tempat anda nikah, kalau via pos gimana, nanti dikasih utk biaya kirim balik legalisir.

1 Trackback / Pingback

  1. Ganti Buku nikah yang rusak dengan duplikat harus ada surat permohonan - nikah di KUA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*