Syarat nikah di KUA bagi WNA warga negara asing

Syarat menikah bagi WNA ( Warga Negara Asing ) pada Kantor Urusan Agama beserta urutan dan kelengkapan lain guna proses mendapatkan buku nikah yang sah dan legal di negara Indonesia.
Cinta merupakan anugerah, ada yang mengatakan cinta itu seperti petir, tidak tahu kapan dan dimana menyambar. Bisa jadi benar pengandaian terkait kilat yang menyambar dimana dan kapan tanpa bisa di sangka.
syarat nikah WNA di KUA
Dalam masalah cinta dan kasih sayang sebagai pasangan manusia, bisa dikatakan bahwa puncak dari pernyataan cinta adalah ijab qobul. Dengan ijab qobul tersebut, secara agama sudah di sahkan untuk melakukan perbuatan yang sebelumnya merupakan larangan
Sedangkan secara administrasi negara Indonesia, bukan hanya ijab qobul saja yang menjadikan diterima secara legal suatu pernikahan, akan tetapi pelegalan suatu ikatan perkawinan dinyatakan sah adalah dengan tercatat di Kantor Urusan Agama ( Bagi Muslim ) dan pada Kantor Catatan Sipil Untuk orang Kristen, Katholik, Hindu, Budha atau Konghucu.

Pernikahan  Warga Negara Indonesia dengan Warga Negara Asing.

Dengan adanya internet yang sudah merasuk ke segala penjuru menjadikan dunia serasa semakin sempit, perkenalan menjadi semakin luas. Bisa jadi berpengaruh terhadap jalinan cinta kasih antar warga negara baik WNI dengan WNA. Bisa jadi WNI Wanita denga pria eropa Belanda, Austria, Jerman, Turki, Italy, ataupun dari asia semisal Tiongkok, Taiwan, Korea Selatan, India Bangladesh, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Singapura, termasuk ada juga dari Afrika semisal Afrika Selatan, Ghana, Kamerun,  maupun dari benua Australia.
Pada saat ini, pernikahan antara WNI maupun WNA ada walaupun termasuk jarang. Meskipun jarang, pastinya jika ingin diresmikan secara sah secara administrasi di Indonesia diperlukan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku secara aturan.

Syarat yang harus disiapkan bagi nikah bagi Warga Negara Asing

Bagi warga negara asing yang akan melangsungkan pernikahan dengan orang Indonesia, maka syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
  • Surat Keterangan ataupun surat rekomendasi yang berasal dari Kedutaan Besar Negara asal calon Mempelai. Surat rekomendasi tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Penerjemahan dilakukan oleh penerjemah resmi.
  • Surat keterangan atau surat pernyataan bahwa yang bersangkutan / calon mempelai beragama Islam
  • Foto Copy Passport dan Peserta
  • Foto Kopi Akta kelahiran dari negara asal yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah yang resmi dalam bahasa Indonesia
  • Pasfoto 3×4 sebanyak 2 lembar, 2×3 empat lembar dan 4×6 sejumlah 2 lembar dengan latar belakang warna biru.

Disarankan untuk di cetak pada studio foto supaya hasil foto lebih baik dan awet.
Jika hanya di cetak print out counter pinggir jalan akan sangat disayangkan beberapa tahun sudah rusak kualitas dan kondisi foto mempelai
Bagi calon mempelai satu nya yang berasal dari indonesia atau WNI, syarat dan ketentuan umum berlaku kepadanya seperti FC KTP (2 lembar), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah Terakhir, Pas foto berwarna 2×3=4 lembar 4×6=2 lembar dengan pakaian rapi serta background warna biru. Selain itu juga berkas N1 sampai dengan N4 dari kantor desa atau kelurahan setempat. Jangan lupa KIR Dokter /Imunisasi dari Puskemas setempat
Catatan : sebaiknya mendaftarkan pernikahan 10 hari sebelum pernikahan dilangsungkan dan kelengkapan syarat pernikahan sudah siap semua termasuk wali dan syarat khusus nya jika catin ( calon pengantin) adalah salah satu atau semuanya dalam hal ini ( janda, duda, tentara, umur belum mencapai 19 tahun bagi calon suami, 16 tahun bagi calon suami, anggota TNI atau Polri, Wali hakim mogok, dan lain sebagainya.
syarat nikah WNA dengan WNI di Indonesia
Selamat bagi anda yang menikah baik dengan bule atau ras kuning, arab maupun lainnya. Semoga sakinah mawaddah wa rahmah.

Oh iya, satu lagi, biaya pernikahan jika dilangsungkan pada jam kerja dan dilaksanakan di balai nikah KUA (ijab Kantor) maka biayanya adalah Rp. 0,- (nol rupiah). Dan jika dilangsungkan diluar kantor maupun diluar jam kerja maka biayanya sejumlah Rp. 600.000,- dan di bayarkan pada bank BRI atau Kantor Pos terdekat.
loading...

1 komentar untuk “Syarat nikah di KUA bagi WNA warga negara asing”

  1. Ping-kembali: Aturan Pencatatan pernikahan di Luar Negeri pada KUA - nikah di KUA

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *