CARA NIKAH JANDA DUDA DI KUA BESERTA SYARAT

Cara nikah di KUA bagi janda maupun duda baik janda cerai atau mati serta alur mengurus dan syarat yang diperlukan.
Status duda ataupun janda bukanlah suatu cita cita atau harapan seseorang dalam menjalani kehidupan. Akan tetapiy adakalanya keadaan menjadikan keputusan berpisah merupakan jalan terbaik untuk kedua belah pihak dalam menjalani kehidupan
Begitu juga dengan janda atau duda karena ditinggal mati oleh pasangannya, walaupun secara umum image janda duda ditinggal mati kesannya di masyarakat lebih mendingan, akan tetapi tetaplah bukan merupakan keinginan atau harapan seseorang.
Secara umum, ada syarat umum dan syarat khusus bagi calon pengantin. Untuk syarat umum, maka semua calon pengantin ( yang biasa disebut catin ) baik janda duda atau TNI Polri termasuk WNA (warga negara asing) adalah sama. Untuk syarat umum dan ketentuan lain bisa disimak pada syarat menikah di KUA.
syarat nikah janda duda

Persyaratan nikah bagi Janda atau Duda Cerai di KUA

Bagi calon mempelai yang berstatus sebagai janda cerai maupun duda cerai, selain persyaratan umum, harus menyertakan persyaratan khusus nikah bagi janda atau duda cerai. Adapun syarat khusus dimaksud adalah :
Membawa Akta Cerai Asli dari Pengadilan
Catatan penting terkait syarat nikah bagi Duda atau Janda cerai
Sedangkan kelengkapan terkait administrasi adalah 
  1. Kartu Tanda Penduduk calon mempelai, bagi janda atau duda cerai harus sudah berstatus Janda atau duda cerai.
  2. Kartu Keluarga status pada saat mendaftar sudah berbunyi atau tertulis sebagai duda atau janda cerai.
  3. Sedangkan jika status janda atau duda karena talak maka diharuskan untuk menunggu masa iddah selesai.
    akta cerai syarat nikah janda duda

Begitulah terkait dengan pernikahan bagi orang yang berstatus janda atau duda karena cerai.

Syarat menikah bagi janda ditinggal mati atau duda ditinggal mati

Bagi janda atau duda karena kematian pasangan, surat keterangan yang perlu dilampirkan adalah 
  1. Fotocopy surat kematian suami atau istri
  2. Surat keterangan kematian dari kelapa desa atau lurah yang menerangkan sebagai janda atau duda ditinggal mati (N6)

Begitulah syarat bagi pendaftaran dan syarat kelengkapan untuk calon mempelai yang berstatus janda maupun duda baik karena talak cerai maupun ditinggal mati.

Biaya pernikahan di KUA bagi duda janda

Di Kantor urusan agama, tidak ada perbedaan biaya dalam pelayanan terkait dengan pernikahan. Yang membedakan adalah waktu dan jam dalam pelaksanaan atau pencatatan ijab qobul. Berdasarkan KMA bahawasanya biaya nikah bagi calon pengantin baik  janda duda perawan jejaka polri polisi sipil maupun WNA bahawasanya jika di laksanakan pada balai nikah KUA dan pada jam kerja maka biaya nya adalah 0,- ( nol rupiah ) alias gratis. Sedangkan jika dilaksanakan pada waktu luar jam kerja maupun di luar balai nikah, biaya sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) dan di bayarkan pada Bank BRI atau kantor pos terdekat.
Sebelum membayar NR ( Nikah Rujuk ) dibuatkan biling KUA tempat mendaftarkan pernikahan, dan selanjutnya dibayarkan oleh mempelai atau yang mewakili di BRI atau kantor pos.
Kadaluwarsa biling adalah 1 (satu)  minggu setelah biling dicetak.
Demikian informasi sekitar cara pendaftaran nikah bagi yang berstatus sebagai janda cerai duda cerai janda ditinggal mati duda ditinggal mati beserta catatan catatan penting supaya pendaftaran pernikahan bisa lebih rapi dan memudahkan semua pihak di kemudian hari terkait dengan pernikahan ini. 

23770total visits,16visits today

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*